Pola Pembinaan Anak Pelaku Pemerkosaan Dan Pembunuhan Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Banda Aceh Ditinjau Menurut Hukum Islam

Sarah Fonna, 150104017 (2020) Pola Pembinaan Anak Pelaku Pemerkosaan Dan Pembunuhan Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Banda Aceh Ditinjau Menurut Hukum Islam. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Pola Pembinaan Anak Pelaku Pemerkosaan Dan Pembunuhan Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Banda Aceh Ditinjau Menurut Hukum Islam)
Sarah Fonna, 150104017, FSH, HPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Semua bentuk materi pembinaan di atas merupakan bagian dari upaya memulihkan serta memperbaiki sikap anak yang berhadapan dengan hukum. Hanya saja, pembinaan yang dilakukan oleh LPKA Banda Aceh cenderung tidak memenuhi tuntutan penegakan hukum terhadap anak. Bagi anak pelaku pemerkosaan dan pembunuhan yang kejahatannya cukup berat idealnya tentu tidak harus dilakukan upaya diversi dan pembinaan di LPKA Banda Aceh. Oleh sebab itu, persoalan tentang pola dan bentuk pembinaan anak sebagai pelaku tindak pidana berat pemerkosaan dan pembunuhan perlu dikaji lebih jauh. Berdasarkan permasalahan di atas, maka dapat dirumukan beberapa pertanyaan penelitian sebagai berikut: bagaimana pola pembinaan anak pelaku pemerkosaan dan pembunuhan di LPKA Banda Aceh?, dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pola pembinaan anak pelaku pemerkosaan dan pembunuhan di LPKA Banda Aceh?. Adapun tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui pola pembinaan anak pelaku pemerkosaan da pembunuhan di LPKA Banda Aceh. Dan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap pola pembinaan anak pelaku pemerkosaan dan pembunuhan di LPKA Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Metode analisis yang penulis gunakan adalah analisis-deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pola pembinaan anak pelaku pemerkosaan dan pembunuhan di LPKA Banda Aceh dilakukan dengan empat bentuk. Pertama, pembinaan keagamaan. Pada langkah ini, pihak LPKA melakukan kerja sama dengan Kementerian Agama dalam memberikan pembinaan keagamaan bagi anak melalui ceramah, materi pelajaran agama, dan pesantren. Kedua, pembinaan pendidikan. Pada langkah tersebut dilakukan kerja sama dengan Dinas Pendidikan. Anak-anak didik diberikan materi pendidikan sesuai dengan jenjang pendidikannya, melalui pendidikan Paket A untuk anak SD, Paket B untuk anak SMP, dan Paket C untuk anak SMA. Ketiga, pembinaan fisik dan psikis-akhlak. Pembinaan di tahap ini berupa olah raga dan kegiatan pramuka untuk fisik, sementara shalat dan zikir untuk pemantapan mental, psikis, dan akhlak anak. Keempat, yaitu pembinaan keterampilan, berupa pengelolaan kolam ikan dan perawatan bibit ikan. Dan pola pembinaan anak sebagai pelaku pemerkosaan dan pembunuhan yang dilaksakanan di LPKA Kelas II Banda Aceh sudah sesuai dengan hukum Islam. Kesesuaiannya pola tersebut dapat dilihat dari dua sisi, yaitu: Pertama, dilihat dari sisi hukuman yang diberikan, berupa pembinaan dan pendidikan, maka hal ini telah sesuai dengan konsep hukum pidana Islam. Janis hukuman pembinaan dan pendidikan tersebut masuk ke dalam kategori hukuman atau ‘uqūbah ta’zīr. Kedua, dilihat dari tujuan pola pembinaan yang dilakukan di LPKA Kelas II Banda Aceh, juga telah sesuai dengan konsep hukum Islam, yaitu berupa upaya menggapai kemaslahatan dan keadilan, baik bagi anak, orang tua, dan masyarakat secara umum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Abdul Jalil Salam, S.Ag., MA Pembimbing II : Amrullah, S.HI., LL.M
Uncontrolled Keywords: Pola Pembinaan Anak, Pemerkosaan, Pembunuhan, LPKA, Hukum Islam.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.5 Hukum Pidana Islam (Jinayat) > 2X4.59 Aspek Hukum Pidana Islam Lainnya
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum > 345 Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Pidana Islam
Depositing User: Sarah Fonna
Date Deposited: 06 Mar 2020 04:40
Last Modified: 06 Mar 2020 04:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11248

Actions (login required)

View Item View Item
TOP