Implementasi Komunikasi Organisasi Pramuka Dalam Meningkatkan Mutu Belajar Siswa pada SMP Negeri 2 Pulo Aceh

Asri, 411206642 (2019) Implementasi Komunikasi Organisasi Pramuka Dalam Meningkatkan Mutu Belajar Siswa pada SMP Negeri 2 Pulo Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Implementasi Komunikasi Organisasi Pramuka Dalam Meningkatkan Mutu Belajar Siswa pada SMP Negeri 2 Pulo Aceh)
Asri, 411206642, FDK, KPI, 081262969341.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Implementasi Komunikasi Organisasi Pramuka Dalam Meningkatkan Mutu Belajar Siswa pada SMP Negeri 2 Pulo Aceh”.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk implementasi komunikasi organisasi pramuka dalam meningkatkan mutu belajar siswa pada SMP Negeri 2 Pulo Aceh, bagaimana peran organisasi pramuka dalam meningkatkan mutu belajar siswa padaSMPNegeri 2 Pulo Aceh, serta apa saja kendala yang dihadapi dalam mengimplementasikan komunikasi organisasi pramuka dalam meningkatkan mutu belajar siswa pada SMP Negeri 2 Pulo Aceh. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan melakukan pengamatan langsung di lapangan, serta juga melakukan wawancara secara langsung dan mendalam dengan siswa-siswi SMP N 2 Pulo Aceh yang ditentukan dengan teknik purposive sampling yaitu menentukan secara sengaja unit analisis dengan menggunakan kriteria yang telah ditetapkan oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk implementasi komunikasi organisasi pramuka dalam meningkatkan mutu belajar siswa pada SMP Negeri 2 Pulo Aceh secara umum dilakukan oleh siswa dengan cara menjalin komunikasi yang baik antar siswa, membentuk tim belajar kelompok, dan mengatur waktu belajar dengan baik. Kemudian ketika proses belajar di kelas para siswa berusaha untuk aktif dan mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dari pramuka sebagai bentuk implementasi. Kendala-kendala yang dihadapi dalam mengimplementasikan komunikasi organisasi pramuka dalam meningkatkan mutu belajar siswa pada SMP Negeri 2 Pulo Aceh secara keseluruhan tidak mempunyai kendala yang signifikan dalam implementasinya, semua berjalan dengan baik. Adapun peran organisasi pramuka dalam meningkatkan mutu belajar siswa pada SMP Negeri 2 Pulo Aceh memberikan pengaruh positif yang luar biasa dalam upaya meningkatkan mutu belajar. Dengan adanya organisasi pramuka para siswa dapat berfikir kritis, kreatif, dan kompak dalam proses belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Syukri Syamaun, M, Ag 2. Fakhruddin, S. Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Komunikasi, Organisasi, Mutu Belajar, Siswa.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.6 Bahasa (Ketrampilan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Asri Asri
Date Deposited: 09 Mar 2020 04:24
Last Modified: 09 Mar 2020 04:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11253

Actions (login required)

View Item View Item
TOP