Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Stem (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Di SMA/MA

Cut Awwali Rahmatina, 150204009 (2019) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Stem (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Di SMA/MA. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Stem (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Di SMA/MA]
Preview
Text (Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Stem (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Di SMA/MA)
Cut Awwali Rahmatina, 150204009, FTK, PFS, 085362369254.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan analisis kebutuhan peneliti yang dilakukan di sekolah dalam proses pembelajaran masih menggunakan buku paket fisika, namun tidak berbasis STEM. Oleh karena itu, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan bahan ajar yang dapat menunjang pengetahuan peserta didik dan dirancang agar dapat berpikir tingkat tinggi dalam memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari, sehingga peneliti berinisiatif untuk mengembangkan bahan ajar berbasis STEM. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangankan bahan ajar berbasis STEM dan untuk menguji kelayakan produk bahan ajar berbasis STEM menurut penilaian para ahli. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model ADDIE yang mana pada penelitian ini tidak menggunakan tahap implementasi. Langkah penelitian dan pengembangan tersebut yaitu analisis kebutuhan, desain produk, dan pengembangan produk, dan evaluasi produk. Instrumen penelitian berupa skala angket dengan empat kategori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bentuk pengembangan bahan ajar fisika berbasis STEM dengan pengembangan pada aspek materi berupa kesesuaian materi, penyajian materi, bahasa dan keterbacaan materi pada bahan ajar yang telah dikembangkan , (2) kelayakan bahan ajar fisika STEM yang dinilai oleh para ahli media termasuk dalam kriteria layak (78%) dan ahli substansi materi juga termasuk dalam kriteria layak (78%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis STEM dapat digunakan dalam proses pembelajaran di SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Misbahul Jannah, M.Pd., Ph.D Pembimbing II : Fera Annisa, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, STEM, ADDIE.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Cut Awwali Rahmatina
Date Deposited: 09 Mar 2020 03:33
Last Modified: 09 Mar 2020 03:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11264

Actions (login required)

View Item
View Item