Pemahaman Masyarakat Gampong Subulussalam Kecamatan Simpang Kiri Tentang Zakat Perkebunan Kelapa Sawit Menurut Pandangan Al-Qur’an

Sarina, 150303063 (2020) Pemahaman Masyarakat Gampong Subulussalam Kecamatan Simpang Kiri Tentang Zakat Perkebunan Kelapa Sawit Menurut Pandangan Al-Qur’an. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pemahaman Masyarakat Gampong Subulussalam Kecamatan Simpang Kiri Tentang Zakat Perkebunan Kelapa Sawit Menurut Pandangan Al-Qur’an]
Preview
Text (Pemahaman Masyarakat Gampong Subulussalam Kecamatan Simpang Kiri Tentang Zakat Perkebunan Kelapa Sawit Menurut Pandangan Al-Qur’an)
Sarina, 150303063, FUF, IAT, 087717609084.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam al-Qur’an disebutkan adanya zakat pertanian atau perkebunan. Hal ini terdapat pada surat al-Baqarah ayat 267, tentunya bagi setiap muslim yang memiliki harta yang berlebihan harus mengeluarkan zakatnya. Tanaman kelapa sawit termasuk jenis usaha yang mempunyai nilai ekonomis cukup tinggi, sehingga hasilnya bisa dikeluarkan zakat. Namun dalam kenyataannya masyarakat petani sawit di Gampong Subulussalam kurang mengetahui dan memahami tentang zakat perkebunan kelapa sawit. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengetahuan masyarakat Gampong Subulussalam Kec. Simpang Kiri tentang ayat-ayat yang berkenaan dengan zakat perkebunan kelapa sawit dan untuk mendeskripsikan pemahaman masyarakat Gampong Subulussalam Kec. Simpang Kiri terhadap ayat yang berkenaan dengan zakat perkebunan kelapa sawit. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan ada tiga yaitu: reduksi data, display data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa,pada umumnya masyarakat petani sawit di Gampong Subulussalam Kec. Simpang Kiri kurang mengetahui tentang kewajiban menunaikan zakat hasil tanaman kelapa sawit, dan pemahaman masyarakat petani sawit tentang zakat perkebunan kelapa sawit sangat rendah, hanya sedikit masyarakat petani sawit yang mengeluarkan zakat hasil perkebunan kelapa sawitnya dan masyarakat petani sawit menggangap kewajiban zakatnya sudah terpenuhi berdasarkan ayat-ayat al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Maizuddin, M.Ag Pembimbing II : Zulihafnani, S. TH., MA.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.3 Tafsir Al-Qur'an
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.6 Kandungan Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Sarina Sarina
Date Deposited: 11 Mar 2020 03:11
Last Modified: 11 Mar 2020 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11276

Actions (login required)

View Item
View Item