Pengaruh Model Problem Based Instruction Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fisika Di MAS Darul Ihsan Aceh Besar

Eka Ramadhani, 150204034 (2020) Pengaruh Model Problem Based Instruction Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fisika Di MAS Darul Ihsan Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Model Problem Based Instruction Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis]
Preview
Text (Pengaruh Model Problem Based Instruction Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis)
Eka Ramadhani, FTK,PFS, 150204034,082273336041.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi di MAS Darul Ihsan Aceh Besar diperoleh permasalahan bahwa pembelajaran fisika di dalam kelas masih berpusat pada pendidik sehingga peserta didik sulit mengembangkan keterampilan berpikir kritisnya. Penelitian ini bertujuan mengetahui keterampilan berpikir kritis peserta didik pada konsep hukum Newton melalui model problem based instruction dan respon peserta didik terhadap model yang digunakan. Jenis penelitian digolongkan ke dalam penelitian kuantitatif, metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen sebanyak 25 orang dan kelas kelas kontrol sebanyak 25 orang. Instrumen penelitian adalah tes dalam bentuk pilihan ganda dan angket. Berdasarkan hasil dianalisis data didapatkan (a) Hasil uji-t yaitu thitung sebesar 3,50 dan ttabel sebesar 1,68 (thitung>ttabel) dan uji regresi sebesar Y= 48,65+0,80X; (b) respon peserta didik terhadap pembelajaran model problem based instruction paling tinggi pada aspek sikap 84% (setuju) dan keterampilan 86% (setuju). Berarti adanya pengaruh model problem based instruction terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran fisika dan peserta didik senang belajar dengan model problem based instruction.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Nurulwati, M.Pd. 2. Arusman, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Problem Based Instruction, Keterampilan Berpikir Kritis (KBK), Hukum Newton
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Eka Ramadhani
Date Deposited: 13 Mar 2020 03:01
Last Modified: 13 Mar 2020 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11279

Actions (login required)

View Item
View Item