Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Di SMAN 9 Banda Aceh

Nurul ‘Afiya Isyan, 140201028 (2019) Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Di SMAN 9 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Di SMAN 9 Banda Aceh]
Preview
Text (Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Di SMAN 9 Banda Aceh)
Nurul ‘Afiya Isyan, 140201028, FTK, PAI, 082362203396.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Terkait dengan media pembelajaran PAI, beberapa siswa di SMAN 9 Banda Aceh mengaku bahwa media yang digunakan oleh guru pada saat proses pembelajaran belum mampu mempengaruhi minat belajar mereka. Hal ini bisa saja dipengaruhi oleh kreativitas guru dalam menggunakan media. Berdasarkan masalah di atas, peneliti tertarik untuk meneliti mengenai “Kreativitas Guru PAI dalam Penggunaan Media Pembelajaran Di SMAN 9 Banda Aceh”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana penggunaan media pada saat pembelajaran. 2. Minat belajar siswa pada media yang diterapkan pada saat pembelajaran. 3. Bagaimana kreativitas guru PAI pada penggunaan media. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui instrumen observasi, angket dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PAI yang berjumlah 1 orang serta siswa-siswi X IPS3 yang berjumlah 20 orang. Adapun hasil penelitian guru belum menunjukkan kreativitas baik dari segi penggunaan LKPD maupun dari segi kualitas LKPD yang digunakan, 55 - 59% mengatakan bahwa guru kurang kreatif, berdasarkan beberapa kesimpulan pada tabel. guru hanya menggunakan soal-soal latihan yang dikutip dari buku paket LKPD, tanpa ada pembaharuan soal yang dilakukan oleh guru. Adapun dari segi pemanfaatannya sangat tidak kreatif, karena guru hanya mengambil soal pada buku paket LKPD tanpa memperbaharui soal tersebut sesuai dengan kemampuan berfikir siswa. Guru hanya memberikan soal yang ada pada LKPD, soal dikumpulkan, diperiksa oleh guru serta dikembalikan lagi kepada siswanya. Sesuai dengan hasil angket, melalui aspek minat belajar siswa, tentang keaktifan, pemahaman, semangat, dan senang. Kesimpulan dari 6 tabel yang peneliti dapatkan 10% - 60% membuktikan bahwa, hasil minat belajar siswa digolongkan dalam kategori "Tidak Baik atau Tidak Berminat".

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Muzakir, S. Ag, M. Ag Pembimbing II : Realita, S. Ag, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru PAI Dalam Menggunakan Media, Minat Belajar Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management & Public Relations (Manajemen dan Humas) > 658 Manajeman Umum > 658.3 Manajemen Personalia (Manajemen Sumber Daya Manuasia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurul ‘Afiya Isyan
Date Deposited: 24 Jun 2020 02:34
Last Modified: 24 Jun 2020 02:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11285

Actions (login required)

View Item
View Item