Penggunaan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Peningkatan Minat Pembelajaran Peserta Didik SMPN 1 Keude Trumon Aceh Selatan

Nurlaila, 140201124 (2019) Penggunaan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Peningkatan Minat Pembelajaran Peserta Didik SMPN 1 Keude Trumon Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penggunaan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Peningkatan Minat Pembelajaran Peserta Didik SMPN 1 Keude Trumon Aceh Selatan]
Preview
Text (Penggunaan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Peningkatan Minat Pembelajaran Peserta Didik SMPN 1 Keude Trumon Aceh Selatan)
Nurlaila.pdf - Updated Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran adalah suatu perantara yang digunakan oleh seorang pengajar untuk menyampaikan suatu materi pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Jika seorang guru tidak bisa menggunakan media di dalam pembelajaran maka pembelajaran tersebut tidak dapat berjalan dengan lancar, seperti halnya yang terjadi di SMPN 1 Keude Trumon Aceh Selatan masih terdapat guru khususnya guru PAI, dalam proses belajar mengajarnya belum sepenuhnya menggunakan media yang kreatif. Terkadang siswa tersebut merasa bosan, apa yang disampaikan oleh guru dalam pembelajaran tersebut masih banyak yang belum paham dikarenakan kurangnya media yang digunakan oleh guru tersebut. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana Penggunaan media pembelajaran PAI dalam Peningkatan minat pembelajaran peserta didik di SMPN 1 Keude Trumon. Untuk mengetahui bagaimana peningkatan minat pembelajaran peserta didik melalui penggunaan media di SMPN 1 Keude Trumon. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), objek penelitian pada siswa kelas VIII-a yang berjumlah 19 orang siswa, dalam pengumpulan data melalui wawancara dan lembar observasi siswa. Hasil penelitian diperoleh melalui penggunaan media kartu pada mata pelajaran Fiqih materi sujud tilawah, yang didalam kartu tersebut terdapat pertanyaan dan jawaban yang akan digunakan oleh siswa dengan cara berpasangan. Peningkatan minat pembelajaran peserta didik terlihat pada lembar observasi yang dibagikan kepada siswa, hal ini terlihat pada tabel 4.8 89% siswa yang menyatakan sangat setuju terhadap bahan pelajaran yang diberikan melalui media kartu. Kesimpulannya peningkatan minat pembelajaran fiqih materi sujud tilawah sudah meningkat, hal ini juga disebabkan sebelumnya siswa SMPN 1 Keude Trumon kususnya siswa kelas VIII-a belum pernah belajar menggunakan media kartu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Nurbayani, S.Ag, M.Ag. Pembimbing II : Sri Astuti, S.Pd.I, M.A.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, PAI, Minat Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurlaila Nurlaila
Date Deposited: 11 Mar 2020 04:01
Last Modified: 11 Mar 2020 04:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11305

Actions (login required)

View Item
View Item