Konsep Demokrasi (Studi Komparatif Antara Pemikiran Abul A’la Al-Maududi Dan Prakteknya Di Indonesia)

Riska Muazzinah, 140105009 (2019) Konsep Demokrasi (Studi Komparatif Antara Pemikiran Abul A’la Al-Maududi Dan Prakteknya Di Indonesia). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Konsep Demokrasi (Studi Komparatif Antara Pemikiran Abul A’la Al-Maududi Dan Prakteknya Di Indonesia)]
Preview
Text (Konsep Demokrasi (Studi Komparatif Antara Pemikiran Abul A’la Al-Maududi Dan Prakteknya Di Indonesia))
Riska Muazzinah, 140105009, FSH,HTN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Demokrasi merupakan suatu bentuk pemerintahan dimana semua anggota masyarakat mempunyai hak yang sama untuk mengambil keputusan, dalam hal ini wakil rakyat. Di dalam Islam juga terdapat teori politik yang digagas oleh Abul A’la Al-Maududi, yaitu Theo-Demokrasi. Berbeda halnya dengan demokrasi, Theo-Demokrasi artinya kedaulatan rakyat yang terbatas di bawah penguasaan Tuhan. Terdapat perbandingan antara praktek demokrasi di Indonesia dengan konsep yang digagas oleh Abul A’la Al-Maududi. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana hubungan antara demokrasi menurut Abul A’la Al-Maududi dengan demokrasi Indonesia, dan bagaimana perbandingan antara demokrasi menurut Abul A’la Al-Maududi dengan praktek demokrasi di Indonesia. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif berdasarkan studi pustaka (library research) dengan membandingkan konsep demokrasi menurut Abul A’la Al-Maududi dengan demokrasi di Indonesia. Hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat persamaan dan perbedaan yang mendasar antara konsep demokrasi menurut Abul A’la Al-Maududi dengan demokrasi di Indonesia. Persamaannya yaitu adanya pengangkatan, pemilihan dan tentang pertanggungjawaban kepala negara. Juga bila diperhatikan dasar negara, kedudukan rakyat, pengaruh-pengaruh suara dan keinginannya. Sedangkan perbedaannya yaitu, kekuasaan rakyat dalam demokrasi adalah mutlak. Akan tetapi, kekuasaan umat dalam Islam tidak mutlak tetapi dibatasi oleh syariat agama Allah. Dari paparan di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat perbandingan antara konsep demokrasi yang digagas oleh Al-Maududi dengan konsep demokrasi di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Hasanuddin Yusuf Adan, MCL.,MA Pembimbing II : Muhammad Syuib, MH, M.Leg.St
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Tata Negara
Depositing User: Riska Muazzinah
Date Deposited: 11 Mar 2020 04:13
Last Modified: 11 Mar 2020 04:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11311

Actions (login required)

View Item
View Item