Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Guided Note Taking Pada Pelajaran IPS Kelas IV MIS Meunara Baro Aceh Besar

Nurbayani, 140209068 (2019) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Guided Note Taking Pada Pelajaran IPS Kelas IV MIS Meunara Baro Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Guided Note Taking Pada Pelajaran IPS Kelas IV MIS Meunara Baro Aceh Besar]
Preview
Text (Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Guided Note Taking Pada Pelajaran IPS Kelas IV MIS Meunara Baro Aceh Besar)
Nurbayani, 140209068, FTK, PGMI, 082161733879.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Metode Guided Note Taking merupakan salah satu metode pembelajaran yang mengutamakan kosentrasi siswa dalam mendengarkan dan mencatat materi-materi yang penting sehingga siswa dituntut fokus selama proses pembelajaran berlangsung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Guided Note Taking, bagaimana aktivitas guru dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran, bagaimana keterampilan guru dalam melaksanakan pembelajaran, bagaimana respon siswa terhadap penggunaan metode Guided Note Taking. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Peningkatan hasil belajar IPS siswa di MIS Meunara Baro Aceh Besar melalui penggunaan metode Guided Note Taking; (2) aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan metode Guided Note Taking; (3) keterampilan guru dan siswa dalam mengelola pembelajaran melalui penggunaan metode Guided Note Taking; dan (4) respon siswa dalam melaksanakan metode Guided Note Taking. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MIS Meunara Baro Aceh Besar yang berjumlah 19 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar, lembar aktivitas guru dan siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) persentase hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Guided Note Taking meningkat, hal ini dapat dilihat dari ketuntasan individual, pada siklus I dari 19 siswa ada 5 siswa yang belum tuntas dan pada siklus II dari 19 siswa hanya 1 siswa yang belum tuntas; (2) aktivitas guru dan siswa antara siklus I sampai siklus II terjadi peningkatan. Hal ini dapat dilihat pada siklus II dari semua aspek yang diamati telah sesuai dengan ketentuan waktu; (3) keterampilan guru dalam menggunakan metode Guided Note Taking meningkat dari baik menjadi sangat baik; (4) respon siswa terhadap metode Guided Note Taking pada pelajaran IPS dengan materi kenampakan alam dan buatan dapat dikatakan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dra.Tasnim Idris, M.Ag Pembimbing II : Hafidh Maksum, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Guided Note Taking untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurbayani Nurbayani
Date Deposited: 12 Mar 2020 02:45
Last Modified: 12 Mar 2020 02:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11316

Actions (login required)

View Item
View Item