Analisis Soal Ujian Nasional (UN) Tahun 2017/2018 dan 2018/2019 Mata Pelajaran IPA Terpadu SMP Berdasarkan Tahap Kognitif Dan Tingkat Berpikir

Ukhtia, 150204089 (2020) Analisis Soal Ujian Nasional (UN) Tahun 2017/2018 dan 2018/2019 Mata Pelajaran IPA Terpadu SMP Berdasarkan Tahap Kognitif Dan Tingkat Berpikir. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahas tentang Soal Ujian Nasional]
Preview
Text (membahas tentang Soal Ujian Nasional)
Ukhtia, 150204089, FTK,PFS, 085358614737.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Nama : Ukhtia
NIM : 150204089
Fakultas/Prodi : Tarbiyah dan Keguruan / Pendidikan Fisika
Judul : Analisis Soal Ujian Nasional (UN) Tahun 2017/2018 dan 2018/2019 Mata Pelajaran IPA Terpadu SMP Berdasarkan Tahap Kognitif Dan Tingkat Berpikir
Tanggal Sidang : 15 Januari 2020
Tebal Skripsi : 60 Halaman
Pembimbing I : Misbahul Jannah, M.Pd., Ph.D.
Pembimbing II : Sri Nengsih, M.Sc
Kata Kunci : Analisis, Soal, Tahap Kognitif, Tingkatan Berpikir

Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru mata pelajaran IPA terpadu yang tidak mengetahui kualitas butir soal Ujian Nasional (UN) tahun 2017/2018 dan 2018/2019 mata pelajaran IPA terpadu SMP. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) tahap kognitif pada soal Ujian Nasional (UN) tahun 2017/2018, (2) tahap kognitif pada soal kualitas soal Ujian Nasional (UN) 2018/2019, (3) tingkatan berpikir pada soal Ujian Nasional (UN) tahun 2017/2018, (4) tingkatan berpikir pada soal Ujian Nasional (UN) tahun 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis dan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) tahap kognitif pada soal Ujian Nasional (UN) tahun 2017/2018 untuk C1 sebesar 7,5%, C2 sebesar 60%, C3 sebesar 20%, dan C4 sebesar 12,5%. (2) tahap kognitif pada soal kualitas soal Ujian Nasional (UN) 2018/2019 untuk C1 sebesar 12,5%, C2 sebesar 42,5%, C3 sebesar 27,5%, dan C4 sebesar 17,5%. (3) tingkatan berpikir pada soal Ujian Nasional (UN) tahun 2017/2018 untuk tingkatan berpikir tingkat rendah atau LOTS-Lower Order Thinking Skill sebesar 67,5%, tingkatan berpikir tingkat menengah atau MOTS-Middle Order Thinking Skill sebesar 20%, tingkat berpikir tingkat tinggi atau HOTS-Higher Order Thinking Skill sebesar 12,5%. (4) tingkatan berpikir pada soal Ujian Nasional (UN) tahun 2018/2019 untuk tingkatan berpikir tingkat rendah atau LOTS-Lower Order Thinking Skill sebesar 55%, tingkatan berpikir tingkat menengah atau MOTS-Middle Order Thinking Skill sebesar 25,5%, tingkat berpikir tingkat tinggi atau HOTS-Higher Order Thinking Skill sebesar 17,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kualitas soal ujian Ujian Nasional (UN) Tahun 2017/2018 dan 2018/2019 masih tergolong rendah pada katagori HOTS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Misbahul Jannah, M.Pd., Ph.D 2. Sri Nengsih, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Analisis, Soal, Tahap Kognitif, Tingkatan Berpikir
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Ukhtia Tia
Date Deposited: 12 Mar 2020 02:59
Last Modified: 12 Mar 2020 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11320

Actions (login required)

View Item
View Item