Pengaruh Media Visual Poster Pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV MIN 5 Banda Aceh

Rahmawati, 201325157 (2018) Pengaruh Media Visual Poster Pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV MIN 5 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengaruh Media Visual Poster Pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV MIN 5 Banda Aceh]
Preview
Text (Pengaruh Media Visual Poster Pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV MIN 5 Banda Aceh)
Rahmawati, 2013251557, FTK, PGMI, 085240558159.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran merupakan suatu komponen yang mempunyai peranan penting dalam proses belajar mengajar. Untuk menarik perhatian dan kreativitas siswa dalam memahami pelajaran guru harus menggunakan media sesuai dengan materi. Berdasarkan hasil pengamatan langsung ditemukan beberapa masalah yang dihadapi siswa di kelas IV MIN 5 Banda Aceh, keadaan yang terliat adalah masih ada siswa yang kurang perhatian pada saat pembelajaran berlangsung dikarenakan guru hanya menjelaskan tanpa menggunakan media. Kemudian guru tidak memberi sebuah permasalahan yang membuat siswa berpikir aktif dan kreatif. Pembelajaran yang demikian menyebabkan pemahaman dan kreativitas siswa menurun. Tujuan penelitian ini: Untuk mengetahui peningkatant kreativitas dan pemahaman siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media poster dan yang tidak menggunakan media. Metode penelitian yang digunakan quasi experimental, sedangkan desainnya adalah pretest-posttest control group desain. Sampel penelitian diambil menggunakan tehnik purposive sampling sehingga diperoleh kelas IVC berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IVD berjumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan uji-t, hasil rata-rata post-test kelas eksperimen berbeda secara signifikan dengan rata-rata skor post-test kelas kontrol dengan thitung > ttabel yaitu 2,12 > 1,66 pada taraf signifikan 95%. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media visual poster dapat meningkatkan kreativitas dan pemahaman siswa. Berdasarkan hasil analisis respon siswa terhadap penggunaan media visual poster tergolong sangat baik ditunjukkan dengan respon siswa menjawab sangat setuju mencapai 1,23% dan setuju 8,8%. Dengan demikian penggunaan media visual poster dapat meningkatkan kreativitas dan pemahaman konsep siswa pada tema peduli terhadap makhluk hidup kelas IV MIN 5 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dra.Tasnim Idris, M.Ag Pembimbing II : Daniah, S.Si, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Visual Poster, Kreativitas dan Pemahaman Konsep
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rahmawati Rahmawati
Date Deposited: 12 Mar 2020 03:31
Last Modified: 12 Mar 2020 03:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11328

Actions (login required)

View Item
View Item