Pelayanan Jasa Melalui Automatic Teller Machine (ATM) Kepada Nasabah Pada PT. Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh

Rizqi Shafriyaldi, 041300779 (2017) Pelayanan Jasa Melalui Automatic Teller Machine (ATM) Kepada Nasabah Pada PT. Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh. Diploma thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pelayanan Jasa Melalui Automatic Teller Machine (ATM) Kepada Nasabah Pada PT. Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh]
Preview
Text (Pelayanan Jasa Melalui Automatic Teller Machine (ATM) Kepada Nasabah Pada PT. Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh)
Rizqi Shafriyaldi, 041300779,FEBI, D3 PS, 082160158346.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penulis melakukan Kerja Praktik pada PT. Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh yang beralamat di Jl. Hasan Dek No. 41-43 Beurawe, Banda Aceh. PT. Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh merupakan Unit Usaha Syariah dari PT. Bank Aceh yang mulai melakukan kegiatan operasional berdasarkan prinsip syariah pada tangga ¬¬¬l 5 November 2004. Tujuan penulisan laporan kerja praktik ini adalah untuk Mengetahui bagaimana Pelayanan Jasa Melalui Automatic Teller Machine (ATM) Kepada Nasabah Pada PT. Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh. ATM adalah sebuah mesin yang secara otomatis dapat bekerja menggantikan peran dari teller yang seiring kita jumpai di bank. Dengan adanya mesin-mesin ATM seperti ini, kita tidak perlu lagi mengantri di depan teller setiap membutuhkan jasa perbankan. Dan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) perusahaan. Adapun layanan yang diberikan adalah, penarikan uang tunai. Nasabah dapat menarik uang tunai diberbagai ATM yang memiliki hubungan dengan bank penerbit, dapat digunakan sebagai tempat untuk melihat atau mengecek saldo rekening nasabah, dan pelayanan lain seperti pembayaran listrik, telepon, dan pembayaran lainnya, melayani keperluan nasabah 24 jam termasuk hari libur, terdapat di berbagai tempat-tempat yang strategis. Manfaat lain juga dirasakan oleh bank, dimana bank tidak perlu lagi mengeluarkan biaya yang besar untuk membuka sebuah kantor layanan, karena hal tersebut dapat disiasati dengan meletakkan sebuah mesin ATM pada tempat-tempat tertentu yang mudah dijangkau oleh nasabah maupun pengguna ATM bersama. Penggunaan fasilitas ini juga memiliki hambatan diantaranya yaitu gangguan jaringan, dan adanya keterbatasan bertransaksi. Oleh karena itu, penulis memberikan saran bahwa sebaiknya pihak bank memberikan penjelasan yang memadai terhadap nasabah yang akan menggunakan fasilitas ini supaya dapat terhindar dari kejahatan berbankan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Hafas Furqani, M.Ec Pembimbing II : Intan Qurratul Aini, S.Ag., M. S. I
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.27 Bank, Termasuk Baitul Mal Wat Tamwil
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > D3 Perbankan Syariah
Depositing User: Rizqi Shafriyaldi Rizqi
Date Deposited: 03 Dec 2020 03:35
Last Modified: 03 Dec 2020 03:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11338

Actions (login required)

View Item
View Item