Kebijakan Kepala Madrasah Dalam Pengelolaan Ekstrakurikuler Di MAN 2 Aceh Selatan

Ade Husmaidi, 150206032 (2019) Kebijakan Kepala Madrasah Dalam Pengelolaan Ekstrakurikuler Di MAN 2 Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Kebijakan Kepala Madrasah Dalam Pengelolaan Ekstrakurikuler Di MAN 2 Aceh Selatan)
Ade Husmaidi, 150206032, FTK, MPI, 085207215308.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengelolaan ekstrakurikuler adalah proses yang direncanakan dan di usahakan secara terorganisasi mengenai kegiatan sekolah/madrasah yang dilakukan di luar kelas dan diluar jam pelajaran (Kurikulum) untuk menumbuh kembangkan potensi sumber daya manusia (SDM) yang di miliki peserta didik, baik yang berkaitan dengan aplikasi ilmu pengetahuan yang didapatkan maupun sebagai wadah dalam membentuk karakter, kepribadian, keberanian, jiwa pemimpin, kemandirian dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Maka dari itu diperlukan peran kepala sekolah/madrasah dalam melaksanakan pendidikan secara terarah, berencana, dan berkesinambungan menetapkan kebijakan-kebijakan yang dianggap dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui apa kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler di MAN 2 Aceh Selatan, untuk mengetahui kepala madrasah dalam mengimplementasikan kebijakan pada pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di MAN 2 Aceh Selatan dan untuk mengetahui hasil penerapan kebijakan kepala madrasah pada pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di MAN 2 Aceh Selatan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala madrasah, waka kesiswaan, pembina ekstrakurikuler, dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, kepala madrasah terus berupaya mendukung dan memfasilitasi semua kegiatan ekstrakurikuler dengan berbagai kebijakan yang akan dilaksanakan, sehingga para pembina, pelatih dan siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler lebih semangat pada saat latihan dan mampu untuk bersaing dengan ekstrakurikuler yang dimiliki sekolah lain. Pengimplementasian kebijakan sudah terlaksana dengan baik, hal ini nampak pada pelaksanaan ekstrakurikuler yang terstruktur, melakukan muhibah dengan sekolah lain, serta evaluasi yang di lakukan secara bertahap. Beberapa cabang ekstrakurikuler yang ada di MAN 2 Aceh Selatan juga melakukan latihan gabungan, dan melakukan latihan dengan pihak luar madrasah sehingga banyak prestasi yang di raih siswa, baik di tingkat kecamatan, kabupaten maupun provinsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Muhammad Faisal, S.Ag., M.Ag. Pembimbing II : Dra. Jamaliah Hasballah, M.A.
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Kepala Madrasah dalam Pengelolaan Ekstrakurikuler.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.35 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ade Husmaidi
Date Deposited: 13 Mar 2020 03:36
Last Modified: 13 Mar 2020 03:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11345

Actions (login required)

View Item View Item
TOP