Intuisi Dan Intelek Dalam Epistemologi Muhammad Iqbal

Rudi Satria, 311203161 (2017) Intuisi Dan Intelek Dalam Epistemologi Muhammad Iqbal. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Intuisi Dan Intelek Dalam Epistemologi Muhammad)
Rudi Satria, 311203161, FUF, AFI, 085373291606.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini adalah intuisi dan intelek dalam epistemologi Muhammad Iqbal. Epistemologi termasuk salah satu tema yang banyak dikaji, terutama dikalangan tokoh kontemporer salah satunya yaitu Muhammad Iqbal. Epistemologi dalam pandangan Iqbal ini terbilang unik karena jarang seorang sufi yang mempunyai pemikiran mendalam tentang konsep epistemologi, bukan hanya terbilang mistis akan tetapi pemikirannya juga diakui oleh sains modern yang menempatkan intelek di atas segala-galanya. Penulis, di dalam menyelesaikan skripsi ini menarik dua kesimpulan masalah, yang pertama bagaimana konsep pengetahuan dalam pandangan Muhammad Iqbal, yang kedua bagaimana kontruksi epistemologi khususnya intuisi dan intelek yang ditawarkan oleh Muhammad Iqbal. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui konsep pengetahuan dalam pandangan Iqbal serta bagaimana kontruksi epistemologi khususnya intuisi dan intelek yang ditawarkan oleh Iqbal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research), sedangkan data dianalisa dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa intuisi dan intelek dalam epistemologi Muhmmad Iqbal merupakan sebuah konsep pengetahuan yang sistematis dalam artian penyempurna dari pada metode pengetahuan oleh tokoh-tokoh yang terdahulu baik tokoh barat maupun tokoh Islam. Kesucian batin adalah ciri khas karakter Iqbal di dalam menempuh pengetahuan, sehingga memperoleh kepribadian yang baik dan memudahkan di dalam menggapai pengetahuan yang benar, seperti itulah manifestasi dari konsep dinamis yang ditawarkan oleh Iqbal, supaya umat Islam kembali kepada tata cara amalan Islam yang sesuai dengan ajarannya seperti masa Rasullullah SAW. Iqbal ingin menawarkan bagaimana konsep insan kamil atau manusia berintelektual yang mempunyai kekuatan keimanan agar dapat melaksanakan kewajibannya di atas bumi Allah ini sebagai khalifah sejati.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Husna Amin, M.Hum. Pembimbing II : Syarifuddin, S.Ag., M.Hum.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.1 Filsafat > 2X7.12 Epistomologi (Periodisasi Filsafat Islam))
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Rudi Satria
Date Deposited: 15 Sep 2020 02:39
Last Modified: 15 Sep 2020 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11351

Actions (login required)

View Item View Item
TOP