Novia Annisa, 271324706 (2017) Supervisi Kepala Madrasah dalam Pelaksanaan Program Kerja Guru di MTsN 2 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
PDF GABUNG.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Supervisi kepala madrasah merupakan suatu program penting yang harus di laksanakan oleh kepala madrasah untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan salah satunya yaitu dengan pelaksanaan supervisi terhadap program kerja guru, dengan memberikan bantuan berupa dorongan, bimbingan, arahan dan kesempatan bagi pertumbuhan keahlian guru dalam menyusun program kerja. Karena program kerja merupakan pedoman dalam belajar mengajar dan guru merupakan kunci utama keberhasilan proses belajar mengajar. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui cara supervisi kepala madrasah dalam pelaksanaan program kerja guru di MTsN 2 Banda Aceh, untuk mengetahui model supervisi kepala madrasah dalam pelaksanaan program kerja guru di MTsN 2 Banda Aceh dan untuk mengetahui hambatan supervisi kepala madrasah dalam pelaksanaan program kerja guru di MTsN 2 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis melalui teknik analisis data kualitatif Miles dan Huberman dengan tahap reduksi data, data display (penyajian data) dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah dan tiga orang guru bidang studi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pertama, cara supervisi kepala madrasah dalam pelaksanaan program kerja guru di MTsN 2 Banda Aceh adalah dengan cara teknik perorangan. Kedua, Model supervisi kepala madarasah dalam pelaksanaan program kerja guru di MTsN 2 Banda Aceh adalah dengan menggunakan model supervisi klinis, dimana kepala madrasah melihat bagaimana tingkah laku mengajar yang nyata dengan tigkah laku mengajar yang ideal. Ketiga, Hambatan kepala madrasah dalam pelaksanaan program kerja guru di MTsN 2 Banda Aceh adalah waktu yang dimiliki oleh kepala madrasah yang kurang untuk pelaksanaan supervisi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | 1. Pembimbing I : MumtazulFikri, MA NIP. 198205302009011007 2. Pembimbing II :Nurussalami, S. Ag., M.Pd NIP.197902162014112001 |
Uncontrolled Keywords: | Supervisi Kepala Madrasah, Program Kerja Guru |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 271324702 Novia Annisa |
Date Deposited: | 31 Oct 2017 04:23 |
Last Modified: | 31 Oct 2017 04:23 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1142 |