Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Hasil Belajar Kelas VIII pada Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif di MTsN Rukoh

Isnaini, 291223298 (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Hasil Belajar Kelas VIII pada Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif di MTsN Rukoh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar.]
Preview
Text (Membahas tentang pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar.)
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor penyebab keberhasilan siswa dalam proses belajar mengajar adalah metode atau cara guru mengajar. Hasil observasi menunjukkan proses belajar mengajar di MTsN Rukoh masih banyak berpusat pada guru. Sehingga siswa cenderung kurang aktif dalam proses belajar mengajar dan kebanyakan nilai siswa tidak mencapai KKM (70). Untuk mengatasi permasalah tersebut ditawarkan suatu model pembelajaran yaitu model pembelajaran kooperatif tipe talking stick sebagai salah satu pembelajaran alternatif yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, respon siswa dan hasil belajar setelah proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 17 November 2016 sampai 21 November 2016. Jenis peneilitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre eksperimen dengan Desain One Group Pretest Postest. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 yang terdiri dari 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, tes, dan angket respon siswa. Data observasi dianalisis dengan menggunakan teknik persentase sedangkan hasil tes dianalisis dengan menggunakan uji normalitas dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mempunyai nilai 90,76% dengan katagori sangat tinggi. Aktivitas siswa mempunyai nilai 94,21% dengan katagori sangat tinggi. Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick diperoleh persentase yaitu 91,28% menunjukkan bahwa siswa sangat tertarik menggunakan model pembelajaran kooperatiftipe talking stick. Dari hasil uji t diperoleh thitung>ttabel yaitu 12,22>2,042 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi, adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar siswa kelasVIII pada materi zat aditif dan zat adiktif di MTsN Rukoh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr.H.Ramli Abdullah,M.Pd 2. Djamaluddin Husita,M.Si
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Talking Stick, Aktivitas Guru, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar Siswa, Respons Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Pd is naini
Date Deposited: 13 Oct 2017 07:41
Last Modified: 20 Mar 2018 07:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1162

Actions (login required)

View Item
View Item