Zakat Dan Economic Empowerment: Analisis Strategi Dan Efektifitas Program Zakat Produktif Untuk Pemberdayaan Mustahiq (Studi Kasus Di Baitul Mal Aceh Dan BAZNAS Indonesia)

Hafas Furqani, Fahmi Yunus, Ratna Mulyany (2018) Zakat Dan Economic Empowerment: Analisis Strategi Dan Efektifitas Program Zakat Produktif Untuk Pemberdayaan Mustahiq (Studi Kasus Di Baitul Mal Aceh Dan BAZNAS Indonesia). 000123617.

Warning
There is a more recent version of this item available.
[thumbnail of HKI Laporan Penelitian Zakat Dan Economic Empowerment: Analisis Strategi Dan Efektifitas Program Zakat Produktif Untuk Pemberdayaan Mustahiq (Studi Kasus Di Baitul Mal Aceh Dan BAZNAS Indonesia)]
Preview
Text (HKI Laporan Penelitian Zakat Dan Economic Empowerment: Analisis Strategi Dan Efektifitas Program Zakat Produktif Untuk Pemberdayaan Mustahiq (Studi Kasus Di Baitul Mal Aceh Dan BAZNAS Indonesia))
HKI Zakat 2018.pdf - Published Version

Download (775kB) | Preview

Abstract

Kesejahteraan yang berkelanjutan menjadi tujuan dalam distribusi zakat agar mustahik atau kelompok miskin dalam masyarakat mampu memenuhi kebutuhan diri dan keluarga sendiri dan tidak bergantung dengan bantuan orang lain. Kemandirian mustahik menjadi penting untuk menyelesaikan permasalahan ketimpangan dalam masyarakat yang akan menghambat keberlanjutan pembangunan (sustainable development). Ini hanya bisa terwujud kalau zakat menjadi alat empowerment yang akan memberdayakan mustahik menjadi entrepreneur yang mandiri ekonominya dan seterusnya bisa mengurangi ketimpangan kesejahteraan. Makalah ini mengkaji berbagai program zakat produktif untuk pemberdayaan mustahik yang dilaksanakan oleh lembaga zakat di Indonesia dan melihat apakah zakat sebagai instrumen redistribusi kekayaan dalam system ekonomi Islam mempunyai implikasi terhadap peningkatan kehidupan kelompok miskin dalam masyarakat. Studi kasus yang diangkat adalah Baitul Mal Aceh dan BAZNAS Indonesia.

Item Type: Patent
Uncontrolled Keywords: Zakat, pemberdayaan ekonomi, mustahik, Baitul Mal Aceh, BAZNAS
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Hafas Furqani
Date Deposited: 21 Apr 2020 16:36
Last Modified: 21 Apr 2020 16:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11714

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item
View Item