Peran Da’i dalam Membantu Mensosialisasi Pencegahan Korupsi di Kota Banda Aceh

Ammar, 431106388 (2016) Peran Da’i dalam Membantu Mensosialisasi Pencegahan Korupsi di Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang peran da’i dalam membantu pencegahan korupsi)
Ammar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peran Da’i Dalam Membantu Mensosialisasi Pencegahan Korupsi di Kota Banda Aceh” . Secara umum korupsi perbuatan yang merugikan kepentingan publik atau masyarakat untuk kepentingan pribadi atau golongan, korupsi sangat merugikan rakyat dan negara. Maka dengan adanya peran da’i dalam membantu pencegahan korupsi dapat menimbulkan efek positif dalam pemerintahan dan jauh dari hal yang mungkar di sisi Allah SWT, masalah dalam penelitian ini ialah, pertama bagaimana peran da’i dalam membantu mensosialisasi pencegahan korupsi di kota Banda Aceh, kedua apa saja kendala da’i dalam membantu mensosialisasi pencengahan korupsi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran da’i dalam membantu mensosialisasi pencegahan korupsi dan apa saja yang menjadi hambatan bagi para da’i dalam membantu mensosialisasi pencegahan korupsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripstif kualitatif yaitu “suatu metode yang digunakan dalam mengumpulkan data dari lapangan dan menganalisa serta menarik kesimpulan terhadap data yang ada”. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, metode dokumentasi dan data-data lainnya yang berhubungan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan peran da’i dalam melakukan amar makruf nahi mungkar agar masyarakat di kota Banda Aceh sadar akan nampak buruk bagi masyarakat, dengan menjauhkan hal yang mungkar dan bersih dari korupsi di negara Indonsia dan khususnya di Aceh. Namun di sisi lain para da’i juga tidak berani membahas langsung tentang korupsi dikarnakan pemerintah belum menerapkan organisasi khusus untuk para da’i dalam mensosialisasi pencengahan korupsi di kota Banda Aceh, sehingga da’i hanya menyampaikan amar makruf nahi mungkar dan menyentuh hal-hal yang buruk di negara ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Jailani, M.S.i; NIP. 196010081995031001 2. Sakdiah, S.Ag.,M.Ag; NIP. 197307132008012007
Uncontrolled Keywords: Da`i
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 20 Jul 2017 06:10
Last Modified: 24 Jul 2017 09:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/118

Actions (login required)

View Item View Item
TOP