Trumon Sebagai Kerajaan Berdaulat dan Perlawanan Terhadap Kolonial Belanda di Barat-Selatan Aceh

Misri A. Muchsin, 2002036302 (2019) Trumon Sebagai Kerajaan Berdaulat dan Perlawanan Terhadap Kolonial Belanda di Barat-Selatan Aceh. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh.

[img]
Preview
Text
Trumon Sebagai Kerajaan Berdaulat dan Perlawanan Terhadap Kolonial Belanda di Barat-Selatan Aceh.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Satu hal yang tidak dapat dipungkiri bahwa abad ke-19 M merupakan abad atau kurun yang menunjukkan adidaya dan adikuasanya barat kepada dunia timur umumnya, dan terhadap kerajaan-kerajaan dan dunia Islam pada khususnya. Barat, atau bangsa-bangsa Eropa seperti Portugis, Inggris, Prancis, Italia, Jerman, Austrasia, Belanda dan Amerika Serikat dengan empuknya “menjarah” kerajaan-kerajaan Islam di berbagai belahan dunia, mulai dari negeri-negeri Arab di Asia Barat, di Afrika, sampai ke Australia dan ke Asia, dan termasuk kepada bangsa-bangsa Melayu di Asia Tenggara.
Kehadiran bangsa-bangsa Barat pada mulanya cenderung sebagai petualang-petualang, pedagang dan untuk menjalin persahabatan dengan bangsa-bangsa dan masyarakat dunia. Akan tetapi lama kelamaan, tujuan mereka berkembang dan berubah, yaitu mereka mulai berhasrat kuat untuk menjadikan negeri-negeri Muslim tersebut sebagai koloni atau daerah jajahan mereka. Hal itu terkait erat dengan keserakahan dan dan silaunya mereka terhadap hasil bumi, keindahan dan kesuburan negeri-negeri yang didatangi, cukup luar biasa, apalagi jika dibandingkan dengan negeri-negeri asal mereka.
Belum cukup demikian, masyarakat bumi putera dilucut segala kekuatan dan dirampas hak-hak dasarnya, sehingga banyak putera-puteri terbaik bangsa gugur karena mempertahankan tanah tumpah darah dan harga diri mereka dari kolonialis Eropa atau barat tersebut.
Trumon merupakan salah satu di antara sekian banyak kerajaan dan kekuatan politik di pantai barat-selatan Aceh, yang dalam sejarahnya telah memainkan peranan strategis dalam percaturan, baik di bidang politik, budaya, dan maupun ekonomi perdagangan dengan dunia international pada abad ke-19 M. Kerajaan ini telah bergumul dengan yang namanya penjajahan dan membuka isolasi negeri-negerinya dengan membuka pelabuhan-pelabuhan dagang dengan dunia internasional. Dengan demikian banyaklah kapal-kapal asing yang singgah mendarat untuk membeli hasil bumi dan menjual/memasarkan barang mereka seperti kain di pelabuhan-masyarakat negeri Trumon. Di antara hasil bumi yang paling terkenal dan dicari oleh bangsa-bangsa Eropa adalah lada atau merica, kapur barus, sarang burung daan karet, sebagai hasil pertanian Trumon yang terkenal banyak dan bagus mutunya dibandingkan dengan yang diproduksi di dan dari sepanjang Barat dan Selatan Aceh. Banyak anggota masyarakat kerajaan Aceh Darussalam dan malah dari kerajaan Deli di Sumatra Utara datang ke sana untuk bertani terutama menanam lada, karena alam Trumon dan Singkil amat cocok untuk tanaman yang satu ini. Dari sini sebenarnya menjadi latar belakang didapatkan multi etnis masyarakat Singkil dan Subulussalam terakhir ini, yang dulunya pernah menjadi wilayah kekuasaan Trumon dan didatangi oleh banyak etnis ke negeri ini.
Hanya saja oleh karena keserakahan bangsa-bangsa Barat dan Eropa khususnya, perdagangan yang mulanya penuh persahabatan, berobah menjadi ajang kolonialisasi, sehingga menjadi ancaman serius bagi pemerintahan setempat, Trumon khususnya. Belum lagi perihal hubungan Trumon dengan Aceh Darussalam yang merupakan kerajaan induk sebelumnya, menjadi kerumitan tersendiri bagi Trumon dalam mengembangkan kekuasaannya. Ancaman-ancaman inilah kemudian terusik dan menentukan eksistensi Trumon sebagai satu kerajaan dan kekuatan politik yang merdeka, dengan raja-raja atau penguasanya yang heroik, telah menjadi sasaran penguasaan bangsa Asing, yaitu Belanda.

Item Type: Book
Subjects: 900 Geography and History
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Misri A. Muchsin
Date Deposited: 04 May 2020 18:25
Last Modified: 04 May 2020 18:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11876

Actions (login required)

View Item View Item
TOP