Manajemen Panti Sosial Sebagai Sarana Dakwah dalam Membina Remaja Putus Sekolah pada UPTD Rumoh Sejahtera Jroh Naguna Banda Aceh

Eni Nur Rita, 431206812 (2016) Manajemen Panti Sosial Sebagai Sarana Dakwah dalam Membina Remaja Putus Sekolah pada UPTD Rumoh Sejahtera Jroh Naguna Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang bagaimana manajemen Panti Sosial Rumoh Sejahtera Jroh Naguna Banda Aceh membina remaja putus sekolah agar bisa mandiri kedepannya)
Eni Nur Rita.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Manajemen Panti Sosial Sebagai Sarana Dakwah Dalam Membina Remaja Putus Sekolah Pada UPTD Rumoh Sejahtera Jroh Naguna Banda Aceh”. Peningkatan sumber daya manusia merupakan prioritas dalam pembangunan nasional. Namun dalam kehidupan yang terjadi setiap harinya sering menghadapi suatu kenyataan bahwa banyak anak atau remaja dalam kehidupan tidak mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan pribadi atau pun potensi yang dimilikinya, salah satunya adalah remaja putus sekolah. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen yang diterapkan pada UPTD Rumoh Sejahtera Jroh Naguna Banda Aceh, untuk mengetahui peran panti asuhan dalam membina remaja putus sekolah serta kendala yang dihadapi Panti Sosial dalam membina remaja putus sekolah. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan metode deskriptif yaitu gambaran yang jelas dalam memberikan, menyajikan dan menyimpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen panti sosial pada UPTD Rumoh Sejahtera Jroh Naguna Banda Aceh sudah berjalan dengan baik, Kegiatan yang dilakukan oleh lembaga ini dalam membina remaja putus sekolah yaitu tidak hanya dalam bentuk keterampilan saja tetapi juga didukung oleh pendidikan non formal lainnya seperti pendidikan umum, memberikan pembinaan dan pelayanan secara terpadu yang meliputi fisik, mental dan sosial. Dengan adanya proses manajemen yang dijalankan ini akan terwujudnya cita-cita remaja putus sekolah untuk bisa mencapai kemandirian hidup dimasa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Mahmuddin, M.S.i; NIP. 197210201997031002 2. Kamaruddin, S.Ag.,M.Ag; NIP. 196904141998031002
Uncontrolled Keywords: Dakwah
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 20 Jul 2017 06:23
Last Modified: 24 Jul 2017 09:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/119

Actions (login required)

View Item View Item
TOP