Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Stoikiometri di Kelas X SMAN 4 Banda Aceh

Evi Siswandari, 291324968 (2017) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Stoikiometri di Kelas X SMAN 4 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Membahas tentang model pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang model pembelajaran)
Skripsi Gabung.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena selama ini siswa banyak mengalami kesulitan dalam memahami materi kimia disebabkan dalam proses pembelajaran masih didominasi dengan metode konvensional, pemberian tugas dan diskusi, sehingga berdampak terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, peningkatan hasil belajar siswa serta respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas X-IPS 1 SMAN 4 Banda Aceh yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi dan angket serta soal tes. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa aktivitas guru pada siklus I dikategorikan baik dengan persentase sebesar 79,16% dan meningkat pada siklus II dengan persentase 91,66% dan dikategorikan baik sekali. Aktivitas siswa pada siklus I dikategorikan baik dengan persentase sebesar 77,08% dan meningkat pada siklus II dengan persentase sebesar 89,58% dan dikategorikan baik sekali.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. H. Ramli Abdullah, M. Pd 2. Hayatuz Zakiyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penelitian, Pembelajaran Kooperatif, Assisted, Stoikiometri, Belajar
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Evi Siswandari
Date Deposited: 17 Oct 2017 04:25
Last Modified: 17 Oct 2017 04:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1192

Actions (login required)

View Item
View Item