Syabuddin Gade, 2002086803 (2020) Turnitin Istirajiyah Tahfidhul Qur’an li Tiflil Shaqhiri Bil Manzili. Prosiding Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab 2018. pp. 443-450. ISSN -
Istiratijiyah tahfidh plagiat.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Pemikiran pendidikan Islam K.H. Hasyim Asy’ari dalam karyanya tersebut memiliki Tulisan ini menjelaskan karakteristik pemikiran pendidikan Islam K.H. Hasyim Asy’ari dalam Ādāb al-‘Ālim wa al-Muta’allim. Dengan menggunakan analisis deskriptif dan content analysis, maka hasil kajian ini menunjukkan bahwa pemikiran pendidikan Islam K.H. Hasyim Asy’ari dalam karyanya tersebut memiliki karakteristik; Pertama, pemikiran pendidikan Islam yang berdiri sendiri. Kedua, memuat petunjuk praktis tentang etika akademis guru dan murid dalam proses pembelajaran. Ketiga, terdapat kesamaan dengan Tazkirat alSāmi’ karya Ibnu Jama’ah. Keempat, pemikiran pendidikan bercorak mazhab Syāfi’i. Kelima, pemikiran pendidikan dengan pendekatan pola pikir bayani. Keenam, pemikiran edukatif yang bercorak nilai etis sufistik, dan Ketujuh, pemikiran pendidikan beraliran konservatif (al-muhāfiz). karakteristik; Pertama, pemikiran pendidikan Islam yang berdiri sendiri. Kedua, memuat petunjuk praktis tentang etika akademis guru dan murid dalam proses pembelajaran. Ketiga, terdapat kesamaan dengan Tazkirat al-Sā mi’ karya Ibnu Jama’ah. Keempat, pemikiran pendidikan bercorak mazhab Syāfi’i. Kelima, pemikiran pendidikan dengan pendekatan pola pikir bayani. Keenam, pemikiran edukatif yang bercorak nilai etis sufistik, dan Ketujuh, pemikiran pendidikan beraliran konservatif (al-muhāfizh).
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Dr. Syabuddin M.Ag |
Date Deposited: | 15 May 2020 03:19 |
Last Modified: | 15 May 2020 03:19 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11957 |