Syabuddin Gade, 2002086803 (2020) Turnitin Min Malamih Al-Fikr At-Islami 'Inda Kiyahai Al-Haj Hasyim Asy'Ari Fi Kitabihi Adab Al-Alim Wa Al-Muta'Allimi. Jurnal Heritage of Nusantara Internasional Journal of Religious Literature and Heritage, 6 (1). pp. 123-140. ISSN 2442-9031
Syahrizal-Syabuddin.pdf.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB) | Preview
Abstract
Tulisan ini menjelaskan karakteristik pemikiran pendidikan Islam K.H. Hasyim Asy’ari dalam Ādāb al-‘Ālim wa al-Muta’allim. Dengan menggunakan analisis deskriptif dan content analysis, maka hasil kajian ini menunjukkan bahwa pemikiran pendidikan Islam K.H. Hasyim Asy’ari dalam karyanya tersebut memiliki karakteristik; Pertama, pemikiran pendidikan Islam yang berdiri sendiri. Kedua, memuat petunjuk praktis tentang etika akademis guru dan murid dalam proses pembelajaran. Ketiga, terdapat kesamaan dengan Tazkirat alSāmi’ karya Ibnu Jama’ah. Keempat, pemikiran pendidikan bercorak mazhab Syāfi’i. Kelima, pemikiran pendidikan dengan pendekatan pola pikir bayani. Keenam, pemikiran edukatif yang bercorak nilai etis sufistik, dan Ketujuh, pemikiran pendidikan beraliran konservatif (al-muhāfiz). karakteristik; Pertama, pemikiran pendidikan Islam yang berdiri sendiri. Kedua, memuat petunjuk praktis tentang etika akademis guru dan murid dalam proses pembelajaran. Ketiga, terdapat kesamaan dengan Tazkirat al-Sāmi’ karya Ibnu Jama’ah. Keempat, pemikiran pendidikan bercorak mazhab Syāfi’i. Kelima, pemikiran pendidikan dengan pendekatan pola pikir bayani. Keenam, pemikiran edukatif yang bercorak nilai etis sufistik, dan Ketujuh, pemikiran pendidikan beraliran konservatif (al-muhāfizh).
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Dr. Syabuddin M.Ag |
Date Deposited: | 15 May 2020 03:20 |
Last Modified: | 15 May 2020 03:20 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11958 |