Implementasi Manajemen pada Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh

Firman Syahputra, 431206915 (2016) Implementasi Manajemen pada Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang implementasi manajemen dan strategi dalam pengimplementasian manajemen secara efektif dan efisien)
Firman Syahputra.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dinas Syariat Kota Banda Aceh merupakan salah satu perangkat daerah sebagai unsur pelaksana di bidang keistimewaan dan kekhususan pelaksanaan Syariat Islam memiliki tugas melaksanakan tugas umum dan khusus Pemerintah Kota Banda Aceh mengenai pembangunan di bidang pelaksanaan Syariat Islam. Dalam mewujudkan tugas tersebut, maka tidak terlepas dari fungsi manajemen mulai tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi secara efektif dan efesien. Penelitian ini berjudul “Implementasi Manajemen pada Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh”, yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen dan strategi dalam pengimplementasian manajemen secara efektif dan efisien, serta kendala yang dihadapi dalam mengimplementasikan manajemen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang berbentuk kualitatif. Sampel dalam penelitian ini ada 6 orang; Kepala Dinas, Sekretaris dan Kepala Bidang-bidang (Dakwah, Bina Ibadah dan Mu’amalah, Pengembangan Syari’ah dan Dayah, serta Fardhu Kifayah). Pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, penelitian pustaka dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fungsi-fungsi manajemen belum diimplementasikan secara efektif dan efesien, terlihat dari adanya posisi jabatan yang kosong (pejabat fungsional, UPTD dan seksi bagian penertiban makam), ketidak sesuaian antara bidang profesi dengan jabatan dan proses pengawasan yang kurang objektif serta tidak adanya evaluasi hasil dari masyarakat. Secara keseluruhan, fungsi manajemen dijalankan melalui pengalaman, motivasi, pendekatan dan teladan. Pengimplementasian manajemen berdasarkan Tupoksi dalam Qanun Aceh Nomor 5 Tahun 2007. Adapun kendala dalam pengimplementasian manajemen yaitu kurangnya pegawai pada posisi jabatan dalam struktur organisasi dan tenaga profesional, serta dukungan dan partisipasi masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. H. Maimun Ibrahim, M.Si; NIP.195309061989031 001 2. Sakdiah, S.Ag.,M.Ag; NIP. 197307132008012007
Uncontrolled Keywords: Fiqih
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 20 Jul 2017 06:38
Last Modified: 24 Jul 2017 09:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/120

Actions (login required)

View Item View Item
TOP