Pendidikan Nilai Tingkah Laku Prososial Dalam Agama: Upaya Meminimalisir Konflik Sosial Dalam Masyarakat Plural

Safrilsyah, 2020047001 (2009) Pendidikan Nilai Tingkah Laku Prososial Dalam Agama: Upaya Meminimalisir Konflik Sosial Dalam Masyarakat Plural. In: Anual Conference on Islamic Studies 2009 di Surakarta, 5 November 2009, Indonesia.

[img]
Preview
Text (Artikel ini menguraikan pentingnya pendidikan nilai-nilai prososial dalam prespektif pendidikan damai yang di lakukan di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Dan perlu ditegaskan bahwa sesuai dengan peran dan fungsi pokok pendidikan sebagai transfer nilai d)
2. AICIS 2009 SOLO_cropped.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Problem utama kehidupan dalam masyarakat plural adalah terjadinya konflik, baik antar individu maupun kelompok. Konlik merupakan entitas abadi dalam setiap perbedaan. Karena itu, menghilangkannya semasih ada perbedaan adalah “mustahil”, tetapi yang bisa dilakukan adalah meminimalisir. Salah satu alternatif Strategis yang dapat dilakukan adalah melalui pendidikan nilai-nilai psikologis prososial (anti kekerasan dan diskriminatif) dari masing-masing budaya dan agama. Disamping itu adanya kesepakatan dialog dari kalangan yang berbeda agama dan pemahaman menjadi penting. Sebagai contoh adalah komitmen anti-kekerasan merupakan tujuan luhur manusia. Tujuan luhur manusia itu sejajar dengan ajaran semua agama juga memiliki tujuan yang sama: kedamaian dan anti-kekerasan. Semua agama yang ada di muka bumi ini mengajarkan kebaikan dan kedamaian hidup manusia.
Oleh sebab itu tulisan ini berusaha menguraikan pentingnya pendidikan nilai-nilai prososial dalam prespektif pendidikan damai yang di lakukan di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Dan perlu ditegaskan bahwa sesuai dengan peran dan fungsi pokok pendidikan sebagai transfer nilai dan pengetahuan ( transfer of value and knowledge) maka pendidikan nilai-nilai prososial dalam agama merupakan jalan yang signifikan dibandingkan dengan strategi lain, karena pendidikan nilai-nilai prososial dalam agama memiliki cita-cita ideal, yaitu terwujudnya perdamaian, keadialn dan persaudaraan, prilakau prososial, anti kekerasan dan diskriminatif.
Kata Kunci : Prososial, Pendidiakan Damai, Masyarakat Plural

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 155 Psikologi direferen dan Pengembangan > 155.8 Etnopsikologi dan Psikologi Nasional
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Ilmu Perbandingan Agama
Depositing User: safrilsyah safrilsyah
Date Deposited: 19 Jun 2020 03:48
Last Modified: 19 Jun 2020 03:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12028

Actions (login required)

View Item View Item
TOP