Metode Peneitian Sosial

Safrilsyah, 2020047001 and Firdaus, 2013057502 (2013) Metode Peneitian Sosial. 1 ed. Ushuluddun Publishing, Banda Aceh. ISBN 978-602-14439-9-6

[img]
Preview
Text (buku Metode Penelitian Sosial ini adalah berguna untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa dan peneliti ilmu sosial dalam memahami metode penelitian ilmu sosial.)
Buku Metode Penelitian Sosial.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penulisan buku ini adalah untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa dan peneliti ilmu sosial dalam memahami metode penelitian ilmu sosial. Hal ini didasarkan kepada kodisi yang ditemui oleh penulis selama mengampu mata kuliah metode penelitian, karena masih saja terdapat beberapa keluhan dari mahasiswa dalam memahami metode penelitian dengan benar dan mudah. Selanjutnya, selama melakukan ujian seminar proposal skripsi, penulis mendapati sejumlah besar proposal penelitian lapangan dan kausistikka. Dengan kata lain semangat dan antusias mahasisiwa untuk melakukan penelitian lapangan sudah semakin meningkat. Oleh sebabitu, kehadiran buku metode penelitian lapangan dibidang ilmu sosial sosial ini menjadi salah satu solusi alternatif menjawab kekurangan referensi yang diperlukan oleh mahasiswa dan para peneliti muda.
Buku metodologi penelitian sosial bertujuan memberi gambaran, penguasaan pengetahuan tentang memahami dasar-dasar ilmu Metode Panelitian ilmiah. Pembaca diajak untuk lebih memahami konseptual teoritik mengenai metode penelitian sosial baik kualitatif dan kuantitatif. Buki ini juga sekaligus memudahkan pembaca untuk berpikir komprehensif dalam mencermati fenomena sosial dan dituangkan dalam rencana penelitian sosial. Buku ini juga memaparkan dan memberi kepahaman kepada pembaca tentang dasar-dasar penelitian, jenis-jenis penelitian; tujuan dan peranan serta persyaratan penelitian; konsep dan metodologi penelitian, teknik dan prosedur penelitian. Selanjutnya buku ini juga memuat tentang desain penelitian; perencanaan dan pelaksanaan penelitian; jenis disain penelitian; proposal penelitian, studi kepustakaan; fungsi studi kepustakaan; kerangka berpikir, cara menyusun hipotesis; kegunaan hipotesis; rumusan hipotesis; pengujian hipotesis, teknik sampling, skala pengukuran, pengumpulan data, pengolahan/analisis data dan penyajian data.
Buku ini banyak mengulas tetang judul-judul penelitian yang terkait dengan permasalahan sosial baik yang mengunakan pendekatan kualitatif maupun kuantitatif. Kedua pendekatan ini diaplikasikan langsung dalam contoh, sehingga pembaca dapat mengunakan kedua pendekatan ini untuk melakukan penelitian terhadapnya. Pendekatan metodologis dimaksud pula untuk membantu pembaca memahami bagaimana menggunakan pendekatan metode riset kualitatif dan kuantitatif dengan berbagai metode pengumpulan data, dan berbagai metode analisis data, serta memberi pengetahuan tentang bagaimana melakukan penelitian dan membuat laporan penelitian yang baik.
Dibagian akhir buku ini dipaparkan bagaimana membuat laporan penelitian, cara mempresentasi hasil penelitian serta mengubah hasil penelitian menjadi makalah/paper unutk dapat memenuhi standar sebuah artikel jurnal, seminar atau konferensi ilmiah, baik nasional maupun yang bertaraf internasional. Dengan dilampirkannya contoh-contoh sederhana proposal penelitian sosial dalam buku ini, diharapkan pembaca dapat meaplikasikan langsung penulisan proposal penelitian sederhana, mengerti bagaiana melakukan penelitian dan membuat laporan akhir penelitian ilmu sosial serta mengubahnaya menjadi makalah/artikel ilmiah.

Item Type: Book
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 120 Epistemology, Causation, Humankind (Epistemologi, Hukum Sebab Akibat, Kemanusiaan) > 121 Epistemologi (Teori Pengetahuan)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Ilmu Perbandingan Agama
Depositing User: safrilsyah safrilsyah
Date Deposited: 19 Jun 2020 03:37
Last Modified: 19 Jun 2020 03:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12032

Actions (login required)

View Item View Item
TOP