Efektivitas Hypnoteaching terhadap Hasil Belajar Istima`

Salami Mahmud, 2005126504 (2018) Efektivitas Hypnoteaching terhadap Hasil Belajar Istima`. In: The 2nd Ar-Raniry International Conference on Islamic Studies in Conjunction with the 7th International on Aceh and Indian Ocean Studies, 8-9 August 2018, Banda Aceh.

[thumbnail of Efektivitas Hypnoteaching terhadap Hasil Belajar Istima`]
Preview
Text (Efektivitas Hypnoteaching terhadap Hasil Belajar Istima`)
Prosiding ARICIS II 2018-Salami.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran, materi pelajaran merupakan salah satu unsur penting, namun metode pembelajaran lebih penting dari materi. Guru lebih penting lagi dari metode karena kemampuan seorang guru untuk menggunakan metode tertentu membuat materi pelajaran mudah dipahami oleh anak didik. Oleh karena itu para ahli pendidikan terus mengembangkan berbagai metode pembelajaran dari masa ke masa sesuai dengan perkembangan zaman. Beberapa tahun terakhir, dengan berkembangnya informasi tentang cara kerja pikiran, para praktisi pendidikan telah mengembangkan cara baru dalam proses pendidikan yang disebut dengan hypnoteaching. Cara ini diharapkan mampu memberdayakan pikiran sadar dan pikiran bawah sadar peserta didik sehingga percepatan pembelajaran bisa terjadi. Oleh karena itu peneliti igin melihat apakah hypnoteaching efektif digunakan dalam pembelajaran Istima’ di Prodi Bahasa Arab? Dari hasil penelitian dan pengolahan data dengan rumus statistik uji-t satu sampel diperoleh mean pre test adalah 84,31 dan mean post test adalah 94,92. Dan diperoleh nilai thit sebesar -7,720 dan dilihat pada nilai Sig (2-tailed) = 0,000 lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 95%), maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Bisa juga dibandingkan ttabel dengan t yang diperoleh (to) untuk membuktikan penerimaan hipotesis. Langkah pertama terlebih dahulu memperhitungkan df yaitu df = N- 1= 26 -1= 25. Dengan df sebesar 25 jika berkonsultasi pada Tabel Nilai “t” pada taraf signifikansi 5% diperoleh sebesar 2,06. Dengan membandingkan besarnya to sebesar 7,720 dan tt sebesar 2,06 maka dapat diketahui bahwa to > tt yaitu 7,720 > 2,06. Jadi Hipotesis nol yang diajukan ditolak dan hipotesis alternatif diterima; ini berarti bahwa ada perbedaan nilai mahasiswa pada mata kuliah istima’ II antara sebelum dan sesudah diterapkan hypnoteaching merupakan perbedaan yang berarti atau perbedaan yang meyakinkan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: efektivitas; hypnoteaching; hasil belajar istima`
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Salami Mahmud
Date Deposited: 02 Jun 2020 04:07
Last Modified: 02 Jun 2020 04:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12033

Actions (login required)

View Item
View Item