Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Matematika Di MTS

Deliana, 261324614 (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Matematika Di MTS. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img] Text (Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar)
Deliana, 261324614, FTK, PMA, 081264560433.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Hasil belajar merupakan kemampuan yang diperoleh siswa setelah melalui kegiatan pembelajaran. Namun hasil belajar matematika siswa masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan karena kurangnya motivasi dalam belajar dan kurang menarik perhatian siswa sehingga siswa merasa bosan. Oleh karena itu dibutuh kan suatu model pembelajaran yang dapat mengoptimalkan hasil belajar matematika siswa, dalam hal ini model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model Think Pair Share pada materi aritmetika sosial di kelas VII MTsN 8 Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental Design, sampel penelitian kelas VII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII3 sebagai kelas kontrol, dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan testertulis dan anlisis data menggunakan analisis inferensial. Dari hasil penelitian dengan analisis statistik uji-t diperoleh t_hitung=4,37dan t_((tabel))=1,67. Maka t_hitung>t_tabel. Hal ini berarti terima H1 tolak H0. Disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model Think Pair Share lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada materi aritmetika sosial di kelas VII MTsN 8 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. H. Nuralam, M.Pd 2. Lasmi, S.Si., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Deliana
Date Deposited: 03 Jul 2020 02:34
Last Modified: 03 Jul 2020 02:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12063

Actions (login required)

View Item View Item
TOP