Integrasi Ayat Alquran Dalam Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Pada Materi Getaran, Gelombang Dan Bunyi

Fiddiya Wati, 150204038 (2020) Integrasi Ayat Alquran Dalam Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Pada Materi Getaran, Gelombang Dan Bunyi. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Integrasi Ayat Alquran Dalam Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Pada Materi Getaran, Gelombang Dan Bunyi)
Fiddiya Wati, 150204038, FTK, PFS, 082361948727.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan analisis kebutuhan peneliti yang dilakukan di MTs MUQ Pagar Air dalam proses pembelajaran masih menggunakan buku paket dan belum terintegrasi ayat Alquran. Berdasarkan permasalahan tersebut, salah satu upaya agar tercapainya tujuan pembelajaran secara optimal diperlukan bahan ajar yang sesuai, sehingga memudahkan dalam proses belajar mengajar, yang dirancang agar peserta didik dapat dengan mudah belajar secara mandiri dan lebih mengetahui bagaimana keterkaitan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan ayat Alquran. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain pengembangan bahan ajar IPA Terpadu pada materi getaran, gelombang dan bunyi dengan mengintegrasikan ayat Alquran dan untuk menilai kelayakan bahan ajar IPA Terpadu menurut penilaian para ahli. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model ADDIE yang mana pada penelitian ini tidak menggunakan langkah implementasi. Langkah penelitian dan pengembangan tersebut yaitu analisis kebutuhan, desain produk, dan pengembangan produk. Instrumen penelitian berupa lembar validasi dari ahli media 2 orang, ahli materi fisika 3 orang dan ahli materi Alquran dan tafsir 2 orang dengan empat kategori penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) desain pengembangan bahan ajar IPA Terpadu pada materi getaran, gelombang dan bunyi dengan mengintegrasikan ayat Alquran berada dalam kategori sangat layak, (2) kelayakan bahan ajar IPA Terpadu pada materi getaran, gelombang dan bunyi dengan mengintegrasikan ayat Alquran yang dinilai oleh ahli media berada pada kategori layak (79%), ahli substansi materi fisika juga berada pada kategori layak (80%) dan substansi ahli materi Alquran dan tafsir berada pada kategori layak (74%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar IPA Terpadu dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Misbahul Jannah, M.Pd., Ph.D Pembimbing II : Sri Nengsih, S.Si., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Integrasi, Ayat Alquran, Bahan Ajar IPA Terpadu, ADDIE
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Fiddiya Wati
Date Deposited: 12 Jun 2020 03:25
Last Modified: 12 Jun 2020 03:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12088

Actions (login required)

View Item View Item
TOP