Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning pada Materi Kalor di SMP

Desi Ariani, 150204005 (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning pada Materi Kalor di SMP. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning pada Materi Kalor di SMP)
Desi Ariani, 150204005, FTK, PFS, 085395918320.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi di SMP Negeri 1 Bandar Baru, bahwa LKPD yang digunakan selama ini isinya masih belum dirancang untuk peserta didik menemukan dan menerapkan idenya sendiri. Berdasarkan permasalahan tersebut, salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan mengembangkan LKPD, sehingga peneliti berinisiatif untuk mengembangkan LKPD berbasis discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan LKPD berbasis discovery learning pada materi kalor di SMP yang telah dikembangkan, (2) menganalisis kelayakan LKPD berbasis discovery learning pada materi kalor di SMP yang telah dikembangkan dan (3) mendeskripsikan respon peserta didik terhadap LKPD berbasis discovery learning pada materi kalor di SMP yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengadopsi pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation) dengan modifikasi, tanpa tahapan implementasi dan evaluasi. Langkah penelitian dan pengembangan tersebut yaitu identifikasi dan analisis masalah, perancangan, pengembangan, dan validasi produk. Instrumen penelitian berupa lembar validasi ahli media, lembar validasi substanti materi, angket respon peserta didik dengan skala empat kategori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) telah dikembangkan LKPD berbasis discovery learning dengan pengembangan pada aspek materi yang sudah mendorong rasa keingintahuan peserta didik dengan menggunakan contoh dan kasus yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari, (2) kelayakan pengembangan LKPD berbasis discovery learning yang dinilai oleh ahli media berada pada kategori layak (0,80 ± 0,05) dan ahli substansi materi juga berada dalam kategori layak (0,81± 0,07), dan (3) respon peserta didik terhadap LKPD berbasis discovery learning berada dalam kategori sangat menarik (0,82 ± 0,07). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis discovery learning dapat digunakan dalam proses pembelajaran di SMP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dra. Ida Meutiawati, M.Pd Pembimbing II : Dr. Abd Mujahid Hamdan, M.Sc
Uncontrolled Keywords: LKPD, Discovery Learning, ADDIE
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Desi Ariani
Date Deposited: 12 Jun 2020 03:26
Last Modified: 12 Jun 2020 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12089

Actions (login required)

View Item View Item
TOP