Jam'u Jawami' Al-Mushannafat

Damanhuri Basyir, 2013046301 and Salman Abd. Muthalib, 2017027701 and Safrilsyah, 2020047001 (2014) Jam'u Jawami' Al-Mushannafat. 1 ed. Ushuluddun Publishing, Banda Aceh. ISBN 978-602-1027-31-8

This is the latest version of this item.

[img] Text (Kitab Jam’u al-Jawami’ ini adalah kitab yang populer di kalangan masyarakat Aceh yang disebut dengan kitab delapan, terutama di kalangan para santri. Disebut kitab delapan karena di dalam kitab ini terhimpun delapan karangan.)
Buku Kitab Delapan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

kitab Jam’u Jawami’ alMushannafat, karya Syeikh Abdurrauf al-Singkili dan kawankawan, bertuliskan dalam bahasa Arab Melayu (Jawi) telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Kitab Jam’u al-Jawami’ ini adalah kitab yang populer di kalangan masyarakat Aceh yang disebut dengan kitab delapan, terutama di kalangan para santri. Disebut kitab delapan karena di dalam kitab ini terhimpun delapan karangan. Dari segi cakupan pembahasannya, kitab yang ditulis oleh beberapa ulama Aceh ini dapat dikatakan sangat lengkap, karena memuat berbagai masalah yang sangat berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, mulai dari masalah tauhid, fikih ibadah, fikih muamalah, pernikahan dan masalah kewarisan, serta adab-adab dalam proses belajar mengajar. Alih aksara ini dirasa sangat penting dalam kaitannya dengan memperkenalkan kitab ini ke tengah-tengah masyarakat. Banyak masyarakat yang belakangan ini tidak lagi mengenal kitab ini terutama disebabkan oleh aksaranya yang ditulis dalam huruf Arab Melayu, di mana aksara ini sudah jarang digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu, penulis dan kawan-kawan merasa terpanggil untuk melakukan alih aksara dari aksara Arab ke aksara latin.

Item Type: Book
Subjects: 200 Religion (Agama) > 203 Ibadah Umum dan Praktik lainnya
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: safrilsyah safrilsyah
Date Deposited: 23 Jun 2020 06:58
Last Modified: 23 Jun 2020 06:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12102

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item
TOP