Identifikasi Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Fisika UIN Ar-Raniry dalam Menggunakan Alat Ukur Listrik

Sariyani, 150204044 (2020) Identifikasi Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Fisika UIN Ar-Raniry dalam Menggunakan Alat Ukur Listrik. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Identifikasi Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Fisika UIN Ar-Raniry dalam Menggunakan Alat Ukur Listrik)
Sariyani, 150204044, FTK, PFS, 085761900827.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dialami mahasiswa Pendidikan Fisika UIN Ar-Raniry dalam menggunakan alat-alat ukur listrik dan faktor-faktor penyebabnya. Sebab, masalah yang ditemukan yaitu kemampuan mahasiswa dalam menggunakan alat-alat ukur listrik rendah yang tampak mengalami kesulitan saat melakukan praktikum dan penelitian kolokium berkaitan dengan kelistrikan. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2015-2018 Pendidikan Fisika UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Instrumen yang digunakan adalah instrumen kunci, lembar wawancara, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan data yang terkumpul tanpa membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi. Hasil penelitian diperoleh kesulitan yang dialami mahasiswa dalam menggunakan alat ukur listrik diantaranya 30% mahasiswa kesulitan dalam membaca hasil pengukuran dan membuat rangkaian listrik, 24% kesulitan dalam membaca hasil pengukuran, 28% kesulitan dalam merangkai alat, 4% kesulitan dalam membaca dan menghitung hasil pengukuran, dan 14% mahasiswa lainnya mengalami kesulitan yang diakibatkan oleh alat-alat yang rusak. Beberapa faktor internal penyebab kesulitan-kesulitan tersebut adalah kurangnya minat mahasiswa mempelajari Fisika, kurangnya kapasitas mahasiswa dalam menggunakan alat-alat ukur listrik dan kurang maksimalnya Asisten dalam membimbing mahasiswa saat praktikum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Samsul Bahri, M. Pd. Pembimbing II : Nurhayati, S. Si., M. Si.
Uncontrolled Keywords: Identifikasi, Kesulitan, Alat-alat Ukur Listrik
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 378 Pendidikan tinggi
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Sariyani Sariyani
Date Deposited: 16 Jun 2020 04:02
Last Modified: 16 Jun 2020 04:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12104

Actions (login required)

View Item View Item
TOP