Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Question Student Have (QSH) dan Media Audio Visual terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pernapasan Manusia di MTsS MUQ Pagar Air

Vera Purnama, 281223133 (2017) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Question Student Have (QSH) dan Media Audio Visual terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pernapasan Manusia di MTsS MUQ Pagar Air. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas Tentang Model Pembelajaran)
Skripsi Lengkap PDF.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA Terpadu di MTsS MUQ Pagar Air masih tergolong rendah, hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya penggunaan model pembelajaran. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model dan media yang sesuai dengan materi pelajaran, salah satunya adalah model pembelajaran Question Student Have (QSH) yang dikombinasikan dengan media audio visual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Question Student Have (QSH) dan media audio visual jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada materi sistem pernapasan manusia. Penelitian ini menggunakan rancangan Quasi Eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsS MUQ Pagar Air, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-2 yang berjumlah 30 siswa dan kelas VIII-3 berjumlah 32 siswa. Pemilihan sampel dilakukan secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan non-tes dan tes. Analisis aktivitas belajar siswa menggunakan rumus persentase, sedangkan analisis data hasil belajar menggunakan statistik uji-t. Hasil analisis data menunjukkan aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Question Student Have (QSH) dan media audio visual lebih baik jika dibandingan dengan pembelajaran konvensional. Hasil uji t menunjukkan thitung = 4,23 dan ttabel = 1,67, atau hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Question Student Have (QSH) dan media audio visual lebih baik jika dibandingan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Samsul Kamal, M.Pd; NIP. 198005162011011007 2. Eva Nauli Taib, M.Pd; NIP. 198204232011012010
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Model, QSH, Audio Visual
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Ms Vera Purnama
Date Deposited: 17 Oct 2017 08:50
Last Modified: 17 Oct 2017 08:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1214

Actions (login required)

View Item
View Item