Psikologi Ibadah dalam Islam

Safrilsyah, 2020047001 (2013) Psikologi Ibadah dalam Islam. 1 ed. LKAS, Banda Aceh. ISBN 978-602-7837-66-9

[thumbnail of Buku Psikologi Ibadah dalam Islam ini membedah dampak psikologis yang terdapat dalam ibadah yang senantiasa dilakukan oleh setiap muslim dalam kehidupan beragamanya.]
Preview
Text (Buku Psikologi Ibadah dalam Islam ini membedah dampak psikologis yang terdapat dalam ibadah yang senantiasa dilakukan oleh setiap muslim dalam kehidupan beragamanya.)
1. PSIKOLOGI IBADAH (1)_merged.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Islam menjadikan penghambaan (ta'abud atau ibadah) kepada Allah sebagai kewajiban pertama yang dituntut dari seorang Muslim. Islam membagi ibadah menjadi beberapa bagian: 1) Islam yang dilaksanakan oleh orang Muslim dan memerlukan aktivitas fisik, misalnya shalat dan puasa. Ibadah ini dinamakan ibadah jasadiyah. 2). Ibadah yang dilaksanakan dengan mengeluarkan sebagaian hartanya, misalnya zakat dan sedekah, dinamakan ibadah maliyah. 3). Ibadah yang memerlukan harta dan kekuatan fisik, misalnya haji dan umroh. 4). Ibadah ibadah yang tampak bentuk pelaksanaannya, misalnya shalat, zakat, dan haji. Dan 5). Ibadah ibadah yang bentuknya pengendalian dan penahanan diri, contohnya puasa. Seluruh ibadah yang telah disyariatkan Allah sungguh telah memberi kebaikan dan kebahagiaan bagi orang yang melakukannya. Puasa yang dilakukan sesorang tidak hanya ibadah fisik semata, namun terdapat sejumlah dampat positif bagi kesehatan jiwa (psikis) bagi yang melaksanakannya. Disamping seorang Shaimun (orang yang berpuasa) akan memperoleh kesehatan secara fisik dengan mengatur pola makan dan gaya hidup selama ia berpuasa, maka ia pun sedang dilatih dan memperoleh kesehatan mental, jiwa, spiritual yang mendalam, seperti kebahagiaan saat berbuka, jujur terhadap orang sekitar, membentuk pribadi yang disiplin dlam kehidupannya. Oleh karena itu, melalui buku sederhana ditangan pembaca yang berjudul “Psikologi Ibadah dalam Islam” penulis akan membedah dampak psikologis yang terdapat dalam ibadah yang senantiasa dilakukan oleh setiap muslim dalam kehidupan beragamanya.

Item Type: Book
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 204 Pengalaman, Hidup, Praktik keagamaan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Ilmu Perbandingan Agama
Depositing User: safrilsyah safrilsyah
Date Deposited: 19 Jun 2020 03:36
Last Modified: 19 Jun 2020 03:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12147

Actions (login required)

View Item
View Item