Memahami Karakteristik Hadis Nabi: Sebuah Kerangka Dasar Fiqh Al-Hadits

Maizuddin, 2001057205 Memahami Karakteristik Hadis Nabi: Sebuah Kerangka Dasar Fiqh Al-Hadits. 1 ed. Ushuluddin Publishing, Banda Aceh. ISBN 978-602-14439-2-7

[img]
Preview
Text
Buku Memahami Karakteristik Hadis.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Hadis menyimpan sejumlah karakteristik tersendiri, baik dari proses kemunculannya, keadaan redaksi, bahasa, maupun otoritasnya. Sejumlah karakteristik ini terkadang menjadi problem ketika memahaminya (fiqh al-hadits). Karena itu, ia menjadi penting dikaji dan dipertimbangkan untuk maksud tersebut. Pengabaian atas karakteristik hadis ini dapat mendorong orang pada keterkungkungan makna tekstual yang parsial yang berujung pada benturan dengan kehendak Nabi lainnya atau semangat ajaran Al-Qur'an. Atau juga pada sisi lain, akan mencuatkan sikap tergesa-gesa dalam menolak hadis, karena dipandang tidak lagi komunikatif dengan zaman.
Pemahaman terhadap berbagai karakteristik hadis dalam tataran matan sesungguhnya merupakan kerangka dasar dalam memahami hadis Nabi (fiqh al-hadits). Fiqh al-hadits merupakan muara dari kajian-kajian hadis, karena kajian-kajian hadis pada tataran validitas dan otoritasnya tak berarti sama sekali bila tidak dipahami kandungan dan diterapkan kehidupan.

Item Type: Book
Subjects: 200 Religion (Agama) > 208 Sumber Agama
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X2 Hadis dan ilmu yang berkaitan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Maizuddin M. Nur
Date Deposited: 18 Jun 2020 04:53
Last Modified: 18 Jun 2020 04:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12152

Actions (login required)

View Item View Item
TOP