Distribusi Zakat Produktif Dalam Meningkatkan Pendapatan Mustahiq (Studi Kasus Pemberian Bantuan Alat Kerja Oleh Baitul Mal Aceh)

Sara Maulina Arli, 150802031 (2019) Distribusi Zakat Produktif Dalam Meningkatkan Pendapatan Mustahiq (Studi Kasus Pemberian Bantuan Alat Kerja Oleh Baitul Mal Aceh). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Distribusi Zakat Produktif Dalam Meningkatkan Pendapatan Mustahiq (Studi Kasus Pemberian Bantuan Alat Kerja Oleh Baitul Mal Aceh))
Sara Maulina Arli, 150802031, FISIP, IAN, 085260953164.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (31MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Distribusi Zakat Produktif Dalam Meningkatkan Pendapatan Mustahiq (Studi Kasus Pemberian Bantuan Alat Kerja Oleh Baitul Mal Aceh)”. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan Bagaimana Baitul Mal Provinsi Aceh Mendistribusikan Bantuan Alat Kerja kepada mustahiq sehingga kesejahteraan mustahiq dapat ditingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses distribusi zakat produktif Baitul Mal Provinsi Aceh dalam peningkatan kesejahteraan Mustahiq melalui pemberian Bantuan Alat Kerja. Penelitian pada skripsi ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian pada skripsi menjelaskan bahwasanya tidak ada sosialisas khusus untuk program Bantuan Alat Kerja dari Baitul Mal itu sendiri untuk mustahiq, kecuali ketika para mustahiq mengunjungi ke Baitul Mal menanyakan ada program apa untuk mustahiq, baru dari pihak Baitul Mal sendiri menjelaskannya. Adapun Mutahiq yang mendapatkan bantuan dari Baitul Mal, mereka mendapatkan informasi dari teman mereka terlebih dahulu mendapatkannya dan mustahiq yang sudah mendapatkan bantuan Alat Kerja dari Baitul Mal, tingkat kesejahteraan mereka meningkat dari sebelumnya. Sedangkan mustahiq yang tidak mengetahui akan Program Bantuan Alat Kerja dari Baitul Mal ini terlebih dahulu, setelah mereka mengetahui akan program ini, mereka berkeingin untuk mengajukan proposal dan akan melengkapi syarat-syarat adminitrasi. Para mustahiq yang belum mendapatkan Bantuan Alat kerja, prediksi mereka ketika mendapatkan Bantuan Alat Kerja tersebut, tingkat kesejahteraan mereka meniningkat dari sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.1 Ibadah > 2X4.14 Zakat
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Sara Maulina Arli Sara
Date Deposited: 22 Jun 2020 03:54
Last Modified: 22 Jun 2020 03:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12153

Actions (login required)

View Item View Item
TOP