Identifikasi Pemenuhan Kuantitas dan Kualitas Air Pelanggan PDAM Tirta Aneuk Laot Sabang

Wilda Maifira, 150702021 (2020) Identifikasi Pemenuhan Kuantitas dan Kualitas Air Pelanggan PDAM Tirta Aneuk Laot Sabang. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Identifikasi Pemenuhan Kuantitas dan Kualitas Air Pelanggan PDAM Tirta Aneuk Laot Sabang)
Wilda Maifira, 150702021, FST, TL, 085272821471.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Instalasi Pengolahan Air (IPA) Pria Laot merupakan salah satu IPA yang digunakan di PDAM Tirta Aneuk Laot dengan kapasitas debit 80 liter/detik. IPA Pria Laot menggunakan koagulan berupa Aluminium Sulfat (Al2SO4) hanya pada musim hujan untuk proses koagulasi dan flokulasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah kebutuhan dan penggunaan air bersih oleh pelanggan, serta mengetahui kuantitas dan kualitas air bersih yang disuplai ke pelanggan oleh PDAM Tirta Aneuk Laot Sabang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif berupa survei dengan menggunakan angket untuk mengetahui kebutuhan dan penggunaan serta pemenuhan kuantitas air bersih pelanggan PDAM Tirta Aneuk Laot Sabang dan pengujian laboratorium untuk mengetahui kualitas air bersih PDAM Tirta Aneuk Laot Sabang (parameter pH, suhu, turbidity, kesadahan, besi (Fe) dan bakteri coliform). Berdasarkan hasil penelitian di Desa Krueng Raya, Desa Paya Seunara, Desa Batee Shoek, dan Desa Iboih, kebanyakan pelanggan menggunakan air isi ulang dari depot untuk kebutuhan minum, sedangkan untuk kebutuhan non minum pelanggan menggunakan air dari PDAM. Dalam pemenuhan kuantitas air bersih PDAM Tirta Aneuk Laot sudah mencukupi, sedangkan kontinuitasnya tidak mencukupi. Pada pengujian pH, suhu, turbidity, kesadahan, dan besi (Fe), kualitas air keran rumah pelanggan masih sesuai dengan baku mutu yang telah ditetapkan sedangkan pada pengujian bakteri E.coli dan coliform, kualitas air hasil olahan IPA Pria Laot hingga air keran rumah pelanggan mengandung sebanyak 14/100 ml dan 21/100 ml sehingga tidak memenuhi baku mutu yang telah ditetapkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 492 tahun 2010 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum yaitu 0/100 ml.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Aulia Rohendi, S.T., M.Sc Pembimbing II : Adian Aristia Anas, S.T., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Kebutuhan Air Domestik, Kualitas Air Domestik, Kuantitas Air Domestik, Kontinuitas Air Domestik, dan PDAM Tirta Aneuk Laot.
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management & Public Relations (Manajemen dan Humas) > 658 Manajeman Umum > 658.401 Manajemen Operasi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Wilda Maifira Wilda
Date Deposited: 18 Jun 2020 04:33
Last Modified: 18 Jun 2020 04:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12154

Actions (login required)

View Item View Item
TOP