Tindak Kekerasan di Antara Umat Beragama

Safrilsyah, 2020047001 (2013) Tindak Kekerasan di Antara Umat Beragama. In: Aktualisasi Ragam Varian Umat Beragama. 1 ed. Ushuluddun Publishing, Banda Aceh, pp. 87-101. ISBN 978-602-1216-02-6

[img]
Preview
Text (Peristiwa kekerasan dalam konflik antar umat beragama sangat mudah terjadi. Kerusuhan diantara umat beragama yang terjadi akhir-akhir ini bukanlah kerusuhan agama, tetapi umat beragama dijadikan alat untuk mempercepat meletusnya kerusahan.)
1. Buku Kerukunan Umat _tindak Kekerasan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Peristiwa kekerasan dalam konflik antar umat beragama sangat mudah terjadi. Kerusuhan diantara umat beragama yang terjadi akhir-akhir ini bukanlah kerusuhan agama, tetapi umat beragama dijadikan alat untuk mempercepat meletusnya kerusahan. Menurut statistik politik, yang paling cepat menimbulkan kerusuhan adalah alasan agama dan alasan sosial ekonomi. Sebagai bukti misalnya banyak daerah saat ini dilanda konflik yang di isukan oleh orang atau kelompok tertentu sehingga menjadi isu besar dan berdampak luas, termasuk kepada sentimen agama walaupun pemerintah telah memberitahukan dengan tegas bahwa kejadian-kejadian yang terjadi bukanlah isu agama semata tetapi disebabkan beberapa faktor lain seperti dendam, sakit hati, iri hati, kesenjangan ekonomi, kecemburuan sosial, perebutan kekasih atau dari pihakpihak yang tidak bertanggung jawab yang senang dengan kekacauan untuk mencari keuntungan kelompok ataupun pribadi. Semua kejadian tersebut terkadang hanya dari halhal yang kecil-individual, namun kemudian melebar-besar menjadi isu agama dan kepercayaan suatu umat. Potensi konflik atas nama agama menjadi potensi yang memunculkan kekerasan dalam masyarakat.

Item Type: Book Section
Subjects: 200 Religion (Agama) > 201 Mitologi Agama
200 Religion (Agama) > 205 Etika Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Ilmu Perbandingan Agama
Depositing User: safrilsyah safrilsyah
Date Deposited: 19 Jun 2020 03:37
Last Modified: 19 Jun 2020 03:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12159

Actions (login required)

View Item View Item
TOP