Penggunaan Metode Jarimatika Quran Dalam Praktik Menghafal al-Quran di TK Bait Qurany Saleh Rahmany Kampung Kuta Raja Banda Aceh

Cut Nurul Fajri Harlita, 150303015 (2019) Penggunaan Metode Jarimatika Quran Dalam Praktik Menghafal al-Quran di TK Bait Qurany Saleh Rahmany Kampung Kuta Raja Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[img]
Preview
Text (Penggunaan Metode Jarimatika Quran Dalam Praktik Menghafal al-Quran di TK Bait Qurany Saleh Rahmany Kampung Kuta Raja Banda Aceh)
Cut Nurul Fajri Harlita, 150303015, FUF, IAT, 082363791796.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Menghafal al-Quran adalah suatu hal yang sulit dilakukan oleh anak usia dini, namun faktanya dengan menggunakan metode Jarimatika Quran, banyak anak-anak usia dini di Taman Kanak-kanak (TK) Bait Qurany Saleh Rahmany Banda Aceh yang berhasil untuk menghafalkan al-Quran. Oleh karena itu peneliti bertujuan untuk meneliti segala hal yang berkaitan dengan metode Jarimatika Quran serta penerapannya pada Taman Bermain (TK) Bait Qurany Saleh Rahmany Banda Aceh. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis field research atau penelitian lapangan. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Teknik dalam menganalisis data dengan menggunakan jalur analisis kualitatif, yaitu jalur pertama reduksi data, yang kedua penyajian data, dan yang ketiga penarikan kesimpulan. Berdasarkan data dari hasil observasi dan dari informan didapatkan informasi bahwa metode Jarimatika Quran adalah sebuah metode menghafal al-Quran dengan menggunakan jari dan ruas-ruas jari tangan kanan dengan menempatkan al-Quran pada tangan sebelah kiri. Dengan hitungan ruas jari kelingking paling bawah adalah ayat pertama, ruas jari kelingking bagian tengah adalah ayat kedua, dan seterusnya. Dalam penggunaan metode ini, TK Bait Qurany Saleh Rahmany Banda Aceh memiliki jam khusus dan biasanya pembelajaran metode ini berlangsung selama ±20-25 menit setiap hari, dimulai dari hari Senin hingga hari Sabtu di dalam ruang kelas, dengan dipimpin oleh dua hingga tiga orang guru yang berdiri di depan kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Samsul Bahri, S.Ag., M.Ag Pembimbing II : Syukran Abu Bakar, Lc., MA
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Qur'an > 2X1.131 Gramatika Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Cut Nurul Fajri Harlita Cut
Date Deposited: 19 Jun 2020 04:08
Last Modified: 19 Jun 2020 04:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12189

Actions (login required)

View Item View Item
TOP