Pemahaman Masyarakat Gampong Ceurih terhadap Ayat-Ayat Zikir secara Sir

T. Ibrahim Syamaun, 150303071 (2020) Pemahaman Masyarakat Gampong Ceurih terhadap Ayat-Ayat Zikir secara Sir. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Pemahaman Masyarakat Gampong Ceurih terhadap Ayat-Ayat Zikir secara sir)
T. Ibrahim Syamaun, 150303071, FUF, IAT, 082277716155.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang pemahaman ayat-ayat zikir secara sir pada masyarakat Gampong Ceurih Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh. Pada dasarnya semua manusia pasti memahami kandungan Al-Qur’an secara global, namun setelah mendalami lebih lanjut banyak dari masyarakat yang tidak mengetahui akan makna yang terkandung pada ayat-ayat tersebut dan praktek yang dilakukan di gampong dengan cara berzikir secara jahar baik menggunakan pengeras suara maupun tidak hal ini tidak sesuai dengan perintah zikir dalam Al-Qur’an yang memerintahkan berzikir secara sir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan bagaimana pemahaman masyarakat terhadap ayat-ayat zikir secara sir dan juga bagaimana praktek zikir yang telah dilakukan oleh masyarakat pada umumnya. Skripsi ini diharapkan dapat memberi pengetahuan bagi pembaca maupun penulis dalam memahami Al-Qur’an khususnya ayat-ayat zikir secara sir. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian masyarakat tidak memahami akan ayat-ayat zikir secara sir, namun dikarenakan suatu kebiasaan dengan melakukan praktek zikir secara jahar dengan maksud mengajarkan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Maizuddin, M. Ag Pembimbing II : Suci Fajarni, M.A
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.3 Tafsir Al-Qur'an > 2X1.31 Ilmu Tafsir
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: T. Ibrahim Syamaun
Date Deposited: 24 Jun 2020 03:46
Last Modified: 24 Jun 2020 03:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12242

Actions (login required)

View Item View Item
TOP