Aspek Teologi Dalam Praktik Adat Keumaweuh Di Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya

Yesi Ulfiza, 150301018 (2020) Aspek Teologi Dalam Praktik Adat Keumaweuh Di Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Aspek Teologi Dalam Praktik Adat Keumaweuh Di Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya)
Yesi Ulfiza, 150301018, FUF, AFI, 082167796784.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Adat merupakan suatu kebudayaan yang diwariskan secara turun temurun dari zaman dahulu hingga saat ini, salah satunya adalah adat keumaweuh (tujuh bulanan), yang mana adat keumaweuh ini suatu adat Aceh yang sejak dulu hingga kini sangat menonjol, bermakna, dan juga penting dikalangan masyarakat. Tujuannya untuk aspek teologi yang terkandung dalam praktik adat keumaweuh di dalam masyarakat. Oleh karena itu yang menjadi rumusan masalah adalah bagaimana aspek-aspek teologi yang terkandung dalam praktik adat keumaweuh di dalam masyarakat Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya.
Untuk menjawab pertanyaan maka penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif analisis. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa adat keumaweuh masih dilaksanakan seperti biasa, hanya saja sekarang lebih mengikuti tren masa kini, sejalan dengan perkembangan zaman. Yakni dengan dilaksanakan pengantaran makanan, peusijuk, peucicap, menyantuni anak yatim, dan diakhiri dengan pembacaan doa. Pandangan masyarakat terhadap keumaweuh hanyalah semata mata karena Allah Swt, mendoakan keselamatan serta melancarkan proses persalinan ketika melahirkan. Adat keumaweuh memang tidak ada anjuran dalam syariah, akan tetapi hal-hal yang berkaitan dengan adat ini, banyak mengandung unsur-unsur ajaran Islam di dalamnya. Aspek yang terkandung di dalam praktik adat keumaweuh berupa suatu bentuk rasa syukur kepada Allah Swt serta terciptanya ukhuwah Islamiyah antar sesama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Juwaini, M.Ag. Pembimbing II : Raina Wildan, S.Fil.I,MA
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.9 Adat Istiadat
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.1 Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Yesi Ulfiza
Date Deposited: 24 Jun 2020 03:46
Last Modified: 24 Jun 2020 03:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12245

Actions (login required)

View Item View Item
TOP