Penerapan Model Number Head Together (NHT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMP Negeri 7 Banda Aceh.

Putri Rizkiah, 150201053 (2020) Penerapan Model Number Head Together (NHT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMP Negeri 7 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Model Number Head Together (NHT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMP Negeri 7 Banda Aceh.]
Preview
Text (Penerapan Model Number Head Together (NHT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMP Negeri 7 Banda Aceh.)
Putri Rizkiah, 150201053, PAI, FTK, 082369973600.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi keterbatasan upaya guru dalam menggunakan model pembelajaran yang bervariasi sehingga mengakibatkan siswa kurang aktif ketika belajar dan berdampak pada hasil belajar siswa dalam pembelajaran pai. Model pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah Number Head Together (NHT). Pertanyaan penelitiannya adalah (1) Bagaimana aktivitas guru dalam pelaksanaan model pembelajaran cooperative learning Number Head Together dalam pembelajaran PAI kelas VIII di SMP Negeri 7 Banda Aceh? (2) Bagaimana aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran cooperative learning Number Head Together pada pembelajaran PAI kelas VIII di SMP Negeri 7 Banda Aceh? (3) Bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning Number Head Together pada pembelajaran PAI kelas VIII di SMP Negeri 7 Banda Aceh? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak tiga siklus. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan lembar aktivitas guru dan siswa serta tes. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) aktivitas guru meningkat dari nilai 75 pada siklus I dan nilai 78 pada siklus II menjadi nilai 88,3 pada siklus III, (2) aktivitas siswa meningkat dari nilai 68 pada siklus I dan nilai 80 pada siklus II menjadi nilai 85 pada siklus III, (3) hasil belajar siswa meningkat dari hasil pre-test siklus I 25% siswa tuntas dan 37,5% siswa tuntas pada siklus II menjadi menjadi 62% siswa tuntas pada siklus III. Sedangkan hasil post-test siklus I 50% siswa tuntas dan siklus II 65,6% siswa tuntas menjadi 87,5% siswa tuntas pada siklus III. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Number Head Together dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengajar dan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dra. Mustabsyirah M. Husein. M.Ag Pembimbing II : Dr. Zulfatmi S.Ag, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Penerapan Model NHT, Peningkatan Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putri Rizkiah
Date Deposited: 23 Jun 2020 09:22
Last Modified: 23 Jun 2020 09:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12249

Actions (login required)

View Item
View Item