Hubungan Persepsi Peserta Didik dengan Hasil Belajar Biologi di Kelas XI SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar Tahun Ajaran 2018/2019

Putri Silvana Rahmatillah, 150207115 (2020) Hubungan Persepsi Peserta Didik dengan Hasil Belajar Biologi di Kelas XI SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Hubungan Persepsi Peserta Didik dengan Hasil Belajar Biologi di Kelas XI SMA Negeri 1  Darul Imarah Aceh Besar Tahun Ajaran 2018/2019]
Preview
Text (Hubungan Persepsi Peserta Didik dengan Hasil Belajar Biologi di Kelas XI SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar Tahun Ajaran 2018/2019)
Putri Silvana Rahmatillah, 150207115, FTK, PBL, 082219143363.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Peserta didik menyukai pelajaran biologi dan guru pengajarnya, akan tetapi nilai hasil belajar beberapa peserta didik rendah. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui bagaimana persepsi peserta didik terhadap pembelajaran biologi. 2) Untuk mengetahui hubungan antara persepsi peserta didik dengan hasil belajar biologi. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengetahui hubungan persepsi peserta didik dengan hasil belajar biologi digunakan uji korelasi product moment Pearson dengan bantuan SPSS 17.0 for Windows pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi peserta didik kelas XI MIPA 1 sebesar 53% termasuk tinggi, kelas XI MIPA 2 sebesar 58% termasuk cukup, kelas XI MIPA 3 sebesar 56% termasuk tinggi, dan kelas XI MIPA 4 sebesar 69% termasuk cukup. Hasil belajar biologi peserta didik kelas XI MIPA 1 sebesar 47% termasuk cukup, kelas XI MIPA 2 sebesar 68% termasuk cukup, kelas XI MIPA 3 81% termasuk cukup, dan kelas XI MIPA 4 adalah 54% termasuk rendah. Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi peserta didik dengan hasil belajar biologi kelas XI MIPA 2 dengan nilai r = 0,064 pada taraf Sig. (2-tailed) = 0,794, sehingga besarnya konstribusi persepsi peserta didik terhadap hasil belajar sebesar 0,4% sedangkan 99,6% dipengaruhi oleh faktor lainnya seperti motivasi, bakat, minat, serta kecerdasan. Terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi peserta didik dengan hasil belajar biologi kelas XI MIPA 3 dengan nilai r = -0,611 pada taraf Sig. (2-tailed) = 0,012, sehingga besarnya konstribusi persepsi peserta didik terhadap hasil belajar sebesar 37,4% sedangkan 62,6% dipengaruhi oleh faktor lainnya seperti motivasi, bakat, minat, serta kecerdasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Eva Nauli Taib, M.Pd 2. Nurlia Zahara, S.Pd.I, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hubungan, Persepsi Peserta Didik, Hasil Belajar Biologi.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Putri Silvana Rahmatillah
Date Deposited: 24 Jun 2020 03:49
Last Modified: 24 Jun 2020 03:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12261

Actions (login required)

View Item
View Item