Pola Penyadaran Kesehatan Seksual Reproduksi Remaja dalam Keluarga (Studi Kasus di Desa Mutiara Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah)

Rina Tasha Nadila Pamela, 150404056 (2019) Pola Penyadaran Kesehatan Seksual Reproduksi Remaja dalam Keluarga (Studi Kasus di Desa Mutiara Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Pola Penyadaran Kesehatan Seksual Reproduksi Remaja dalam Keluarga (Studi Kasus di Desa Mutiara Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah))
Rina Tasha Nadila Pamela, 150404056, FDK, PMI, 082273103895.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Masa remaja merupakan peralihan masa kanak-kanak menjadi dewasa, remaja mengalami proses ketidakmampuan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya, khususnya menyangkut pergaulan. Tidak adanya pengetahuan remaja mengenai pemahaman seksual reproduksi dan lemahnya iman sangatlah beresiko besar bagi anak menjadi korban pergaulan bebas sehingga dapat merusak kesehatan seksual reproduksi remaja. Sebagai orang tua penting untuk selalu mengontrol perkembangan anaknya. Di Desa Mutiara Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah terdapat keluarga yang berhasil memberikan penyadaran kesehatan seksual reproduksi pada anaknya. Anak tersebut memiliki kepribadian baik, baik dari segi perilaku, penampilan, sikap, moral, sosial dan prestasi. Dengan adanya pemahaman remaja mengenai kesehatan seksual reproduksi dapat melindungi diri para remaja terhadap resiko resiko negatif dari kejahatan seksual. Peneliti melakukan penelitian dengan Judul “Pola Penyadaran Kesehatan Seksual Reproduksi Remaja Dalam Keluarga”. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola keluarga dalam memberikan penyadaran kesehatan seksual reproduksi pada remaja termasuk tanggapan dan tantangannya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini bersifat kualitatif yang prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau pelaku yang diamati dan diteliti. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keluarga di Desa Mutiara memberikan penyadaran dengan baik pada remaja akan pentingnya menjaga kesehatan seksual reproduksi. Bentuk penyadaran yang diberikan keluarga pada remaja, pada dasarnya dapat melalui banyak cara diantaranya bentuk pengawasan dan bimbingan, larangan-larangan, keharmonisan keluarga yang baik, komunikasi yang baik serta bimbingan dengan materi umum dan agama. Terdapat beberapa kendala dan tantangan yang dialami diantaranya dari lingkungan buruk dan penyampaian bahasa yang sesuai, meskipun begitu orang tua masih berusaha dengan baik dalam memberikan penyadaran terhadap anaknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penyadaran, Kesehatan Seksual Reproduksi, Remaja, Keluarga
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.177 Kesehatan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rina Tasha Nadila Pamela
Date Deposited: 24 Jun 2020 04:27
Last Modified: 24 Jun 2020 04:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12267

Actions (login required)

View Item View Item
TOP