Spesies Serangga Pengunjung Pada Tanaman Jeruk Siam (Citrus nobilis L) di Kampung Blang Kucak Sebagai Pengembangan Bahan Ajar di SMA Negeri Unggul Binaan Bener Meriah

Sadra Arifan, 150207065 (2020) Spesies Serangga Pengunjung Pada Tanaman Jeruk Siam (Citrus nobilis L) di Kampung Blang Kucak Sebagai Pengembangan Bahan Ajar di SMA Negeri Unggul Binaan Bener Meriah. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img] Text (Spesies Serangga Pengunjung Pada Tanaman Jeruk Siam (Citrus nobilis L) di Kampung Blang Kucak Sebagai Pengembangan Bahan Ajar di SMA Negeri Unggul Binaan Bener Meriah)
Sadra Arifan, 150207065, FTK, PBL, 085360062570.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Satu diantara topik yang dipelajari dalam mata pelajaran di sekolah yaitu menganalisis data hasil observasi tentang berbagai tingkat keanekaragaman hayati (gen, jenis dan ekosistem). Pembelajaran selama ini masih terfokus pada buku dan perlu adanya penambahan bahan ajar di sekolah, sehingga kurangnya pengetahuan siswa tentang serangga pengunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui spesies serangga pengunjung pada jeruk Siam di perkebunan Kampung Blang Kucak serta menyediakan buku serangga pada jeruk Siam dan poster pembelajaran sebagai pengembangan bahan ajar di SMA. Metode penelitian yang digunakan pada Penelitian ini yaitu Survey eksploratif dan pengambilan sampel secara langsung di lapangan. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua serangga pengunjung pada tanaman jeruk Siam di perkebunan Kampung Blang Kucak. Sampel penelitian yaitu semua serangga pengunjung yang teridentifikasi pada bagian batang, daun, buah dan bunga tanaman jeruk Siam (Citrus nobilis L) yang ditemukan di perkebunan jeruk Siam. Pengambilan sampel serangga dilakukan pada pagi, siang dan sore hari pada pukul 08.00, 10.00, dan 15.00 WIB. Didapatkan 20 spesies serangga pengunjung dan terdiri dari 6 ordo serangga yaitu dari ordo Lepidoptera, Hemiptera, Coleoptera, Hymenoptera, Diptera dan Orthoptera. Karakteristik spesies serangga pengunjung memiliki perbedaan antara satu dengan yang lainnya meliputi bagian caput, mulut, antena, dan sayap. Hasil uji kelayakan terhadap buku serangga pada jeruk Siam dan poster pembelajaran diperoleh persentase 85% dan 83% dengan kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Zuraidah, M.Si, 2. Samsul Kamal, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Serangga pada Tumbuhan, Citrus nobilis L, Survey Explorative, Uji Kelayakan.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 590 Animals (Ilmu Hewan, Ilmu Binatang) > 595.7 Insekta
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Sadra Arifan
Date Deposited: 25 Jun 2020 02:21
Last Modified: 25 Jun 2020 02:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12272

Actions (login required)

View Item View Item
TOP