Urgensi Pembelajaran I’tiqad Lima Puluh Terhadap Lulusan Pendidikan Agama Islam Di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Al Kausar, 150201028 (2019) Urgensi Pembelajaran I’tiqad Lima Puluh Terhadap Lulusan Pendidikan Agama Islam Di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Urgensi Pembelajaran I’tiqad Lima Puluh Terhadap Lulusan Pendidikan Agama Islam Di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)
Kausar, 150201028, FTK, PAI, 082362676436.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

I’tiqad 50 (lima puluh) adalah suatu rumusan yang dibuat oleh ulama untuk mengenal Allah Swt dan Rasul-Nya melalui sifat- sifat yang melekat pada Zat Allah Swt dan diri para Rasul.. MempelajariI’tiqad50 (limapuluh)merupakansuatukewajibanbagisetiapmuslim yang mukallaf. Terkait dengan hal ini, telah terjadi suatu problematika di kalangan mahasiswa PAI yaitu masih terdapat mahasiswa PAI yang belum bisa menghafal dan memahami I’tiqad 50 (limapuluh) secara baik dan benar. Penelitian ini menelaah beberapa permasalahan. Pertama, Apa Alasan prodi PAI untuk melaksanakan program pembelajaran I’tiqad 50 (lima puluh)? Kedua, Apa saja faktor penghambat dan pendukung bagi prodi PAI dalam melaksanakan program pembelajaran I’tiqad 50 (lima puluh)?. Ketiga, Bagaimana tanggapan mahasiswa prodi PAI terhadap program pembelajaran I’tiqad 50 (lima puluh)?. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, yaitu suatu metode yang menggambarkan semua hal yang didengar, dilihat, dan didapat di lapangan melalui teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwasannya alasan program pembelajaran I’tiqad 50 (lima puluh) diadakan yaitu sebagai suatu ciri khas bagi prodi PAI, kemudian agar pemahaman serta hafalan mahasiswanya tentang i’tiqad lima puluh dapat terarah dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Muzakir, S.Ag, M.Ag. Pembimbing II : Rahmadiyansyah, MA.
Uncontrolled Keywords: Urgensi Pembelajaran I’tiqad Lima Puluh, Lulusan Pendidikan agama Islam
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X3 Aqaid dan Ilmu Kalam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.38 Pendidikan tinggi (Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Kausar Kausar
Date Deposited: 25 Jun 2020 03:37
Last Modified: 25 Jun 2020 03:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12280

Actions (login required)

View Item View Item
TOP