Pengaruh Pemberian Limbah Cair Tahu dan Urin Sapi Terhadap Pematahan Dormansi Biji Pala (Myristica fragrans Houtt.) Sebagai Penunjang Praktikum Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan

Desi Sartika Putri, 140207193 (2020) Pengaruh Pemberian Limbah Cair Tahu dan Urin Sapi Terhadap Pematahan Dormansi Biji Pala (Myristica fragrans Houtt.) Sebagai Penunjang Praktikum Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img] Text (Pengaruh Pemberian Limbah Cair Tahu dan Urin Sapi Terhadap Pematahan Dormansi Biji Pala (Myristica fragrans Houtt.) Sebagai Penunjang Praktikum Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan)
Desi Sartika Putri, 140207193, FTK, PBL, 082273411863.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pala (Myristica fragrans Houtt.) merupakan tumbuhan yang memiliki biji yang mengalami dormansi, dan memiliki kulit biji (tempurung) keras, sehingga untuk berkecambah memerlukan waktu yang lama. Pematahan dormansi biji pala (Myristica fragrans Houtt.) dapat dilakukan dengan beberapa cara salah satunya dengan zat pengatur tumbuh alami. Urin sapi mengandung hormon pertumbuhan yaitu auksin dan asam giberelin yang dapat digunakan sebagai zat pengatur tumbuh alami. Limbah cair tahu yang merupakan produk akhir dari pengolahan tahu yang masih memiliki kandungan unsur hara sebagai pendukung dalam perkecambahan biji pala (Myristica fragrans Houtt.). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian limbah cair tahu dan urin sapi terhadap pematahan dormansi biji pala (Myristica fragrans Houtt.), untuk mengetahui konsentrasi yang sesuai dengan pemberian limbah cair tahu dan urin sapi untuk pematahan dormansi biji pala (Myristica fragrans Houtt.). Tempat dan waktu penelitian dilaksanakan di Green House Laboratorium Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Ar-Raniry Banda Aceh pada tanggal 29 April sampai dengan 29 Mei 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode RAK yang terdiri atas lima perlakuan menggunakan limbah cair tahu dan urin sapi dengan masing-masing konsentrasi 0% (P0), 25% (P1), 50% (P2), 75% (P3), 100% dan (P4) dengan lima ulangan. Data yang diperoleh dianalisis dengan ANAVA dan dilanjutkan dengan uji Duncan. Parameter yang diukur yaitu potensi tumbuh dan daya kecambah pada biji pala (Myristica fragrans Houtt.). Hasil penelitian pada potensi tumbuh menunjukkan nilai Fhitung > Ftable yaitu Fhitung (6.756) > Ftable (3.056) dan daya kecambah menunjukkan nilai Fhitung > Ftable yaitu Fhitung (3.990) > Ftable (3.056) maka “Ada pengaruh pemberian limbah cair tahu sapi dan urin sapi terhadap pematahan dormansi biji pala (Myristica fragrans Houtt.) dan konsentrasi yang sesuai yaitu perlakuan konsentrasi 100% (P4) dan konsentrasi 75% (P3). Produk penunjang yang dihasilkan dari penelitian ini berupa modul yang dapat dijadikan sebagai panduan praktikum pada matakuliah Fisiologi Tumbuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Samsul Kamal, S.Pd., M.Pd. 2. Nurlia Zahara, S.Pd.I., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Biji Pala (Myristica fragrans Houtt.), Dormansi, Limbah Cair Tahu, Urin Sapi
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 571 Fisiologi dan Subjek berkaitan
Depositing User: Desi Sartika Putri Desi
Date Deposited: 25 Jun 2020 03:41
Last Modified: 25 Jun 2020 03:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12290

Actions (login required)

View Item View Item
TOP