Hubungan Kekerabatan Fenetik Famili Asteraceae Berdasarkan Ciri Morfologi dan Anatomi di Kampus UIN Ar-Raniry Sebagai Media Pendukung Pembelajaran di SMA Negeri 2 Bukit Kabupaten Bener Meriah

Dahlia Wardani, 150207052 (2020) Hubungan Kekerabatan Fenetik Famili Asteraceae Berdasarkan Ciri Morfologi dan Anatomi di Kampus UIN Ar-Raniry Sebagai Media Pendukung Pembelajaran di SMA Negeri 2 Bukit Kabupaten Bener Meriah. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img] Text (Hubungan Kekerabatan Fenetik Famili Asteraceae Berdasarkan Ciri Morfologi dan Anatomi di Kampus Uin Ar-Raniry Sebagai Media Pendukung Pembelajaran di SMA Negeri 2 Bukit Kabupaten Bener Meriah)
Dahlia Wardani, 150207052, FTK, PBL, 085397296438.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Kekerabatan fenetik didasarkan pada persamaan sifat-sifat yang dimiliki masing-masing kelompok tumbuhan tanpa memperhatikan sejarah keturunannya. Kekerabatan fenetik berkaitan dengan materi klasifikasi makhluk hidup yang memiliki kompetensi dasar (KD) 3.7 yaitu menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan tumbuhan ke dalam divisio berdasarkan pengamatan morfologi dan metagenesis tumbuhan serta mengaitkannya peranannya dalam kelangsungan kehidupan di bumi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungn kekerabatan fenetik famili asteraceae berdasarkan ciri morofologi dan anatomi di kampus UIN Ar-Raniry, dan untuk mengetahui bentuk pemanfaatan hasil penelitian sebagai media pendukung pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di kampus UIN Ar-Raniry. Penelitian ini menggunakan metode survey explorative dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan kekerabatan terdekat ditunjukkan pada kombinasi seruni (Wedelia biflora) dengan Cagak langit (Trydax procumbens) hasil indeks disimilaritas terendah yaitu 23 dan hubungan kekerabatan terjauh ditunjukkan pada kombinasi Bunga Matahari (Helianthus annus) dengan Tapak Liman (Elephantopus scaber) hasil indeks disimilaritas 50. Pemanfaatan hasil penelitian dibuat dalam bentuk buku ajar sebagai media pendukung pembelajaran di SMA N 2 Bukit Kabupaten Bener Meriah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 580 Plants (Ilmu Tumbuhan, Ilmu Tanaman) > 581.6 Aneka Ragaman Tumbuhan Nontaksonomik (termasuk Herba)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Dahlia Wardani
Date Deposited: 25 Jun 2020 03:36
Last Modified: 25 Jun 2020 03:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12295

Actions (login required)

View Item View Item
TOP