Plankton Sebagai Bioindikator Perairan Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya Sebagai Referensi Mata Kuliah Limnologi.

Dirja Nurwanda, 150207048 (2020) Plankton Sebagai Bioindikator Perairan Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya Sebagai Referensi Mata Kuliah Limnologi. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Plankton Sebagai Bioindikator Perairan Krueeng Sabee Kabupaten Aceh Jaya Sebagai Referensi Mata Kuliah Limnologi.]
Preview
Text (Plankton Sebagai Bioindikator Perairan Krueeng Sabee Kabupaten Aceh Jaya Sebagai Referensi Mata Kuliah Limnologi.)
Dirja Nurwanda, 150207048, FTK, PBL, 085373322515.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB) | Preview

Abstract

Pencemaran lingkungan yang di sebabkan oleh limbah dari berbagai industri merupakan sumber potensial dari pencemaran air. Mata kuliah limnologi yang mengkaji sifat dan struktural dari perairan daratan yang meliputi mata air sungai, danau, kolam, rawa, baik yang berupa air tawar maupun air payau. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keanekaragaman jenis plankton di kawasan perairan sungai Krueng Sabee. Penelitian ini menggunakan Metode Survey Eksploratif dengan teknik sampling purposive sampling, yaitu dengan cara menjelajah menelusuri sungai dan menetapkan area pengamatan secara acak sesuai keningian peneliti dengan di sengaja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indeks keanekaragaman plankton diperairan sungai Krueng Sabee tergolong sedang dengan Ĥ 2,9743 dan kualitas air di gololongkan tercemar. Jumlah plankton yang terdapat di perairan Sungai Krueng Sabee terdiri 9 kelas diantaranya, Chlorophyceae, Dothideomycetes, Ulyophyceae, Cyanophyceae, Myxozoa, Trebuoxiophyceae, Hexanauplia, Tubulinea dan Leptomyxida dari 14 spesies dengan 97 individu yang terdiri dari golongan fitoplankton dan zooplankton. Hubungan faktor fisik sangat berpengaruh terhadap keanekaragaman plankton di kawasan perairan Krueng Sabee dengan hasil pengukuran dengan tingkat keanekaragaman yang rendah menunjukan bahwa sungai Krueng Sabee terindikasi tercemar dan hasil uji kelayakan buku referensi diperoleh rata-rata total 3,16 menunjukan bahawa buku referensi layak direkomendasikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Plankton, Bioindikator, Referensi Mata Kuliah Limnologi.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 577 Ekologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Dirja Nurwanda Dirja
Date Deposited: 26 Jun 2020 02:12
Last Modified: 26 Jun 2020 02:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12303

Actions (login required)

View Item
View Item