Muhammad, Al Hadath (2020) Analisis Tingkat Kesiapan Penerapan E-Learning Menggunakan Metode Aydin & Tasci Di Sekolah Menengah Kejuruan Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, Universitas Islam Negri.
Muhammad Al Hadath, 14021205, FTK, PTI, 082168604810.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui kategori kesiapan penerapan e-learning dalam proses pembelajaran di SMK Kota Banda Aceh, dan (2) mengetahui faktor-faktor yang masih lemah atau membutuhkan peningkatan dan faktor-faktor yang sudah dianggap berhasil atau kuat dalam membantu penerapan e-learning dalam proses pembelajaran. Penelitian ini mengukur tingkat kesiapan penerapan e-learning menggunakan model Aydin & Tasci yang mengukur empat faktor utama yaitu teknologi, inovasi, manusia, dan pengembangan diri. Indeks e-learning yang digunakan berskala 1-5. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, sedangkan pengolahan data menggunakan metode statistik deskriptif yang dipetakan berdasarkan indeks e-learning readiness versi Aydin & Tasci. Penelitian dilakukan terhadap guru dan siswa di tiga SMK Kota Banda Aceh sebanyak 60 responden. Tingkat kesiapan pada faktor teknologi memperoleh skor x ̅ = 3,93 yang berarti siap dalam menerapkan e-learning, tetapi membutuhkan sedikit peningkatan. Tingkat kesiapan pada faktor inovasi memperoleh skor x ̅ = 3,54 yang berarti siap dalam menerapkan e-learning tetapi membutuhkan sedikit peningkatan. Tingkat kesiapan pada faktor manusia memperoleh skor x ̅ = 4,46 yang berarti siap dalam menerapkan e-learning tetapi membutuhkan sedikit peningkatan. Tingkat kesiapan pada faktor pengembangan diri memperoleh skor x ̅ = 4.61 yang berarti siap dalam menerapkan e-learning tetapi membutuhkan sedikit peningkatan. Secara keseluruhan untuk ketiga SMK di Kota Banda Aceh mempunyai skor ELR x ̅ = 3,64 > 3,41. Hal tersebut menunjukan bahwa SMK Kota Banda Aceh siap untuk menerapkan e-learning tetapi masih membutuhkan sedikit peningkatan pada setiap faktor-faktor nya. Peningkatan pada faktor ELR tidak hanya dilakukan untuk mengatasi skor ELR yang mempunyai nilai x ̅ < 3,41. Peningkatan dilakukan juga untuk meningkatkan nilai skor ELR yang dimiliki setiap faktor ELR. Peningkatan skor ELR pada setiap faktor penilaian ELR diperlukan guna meningkatkan kualitas penggunaan e-learning dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge 000 Computer Science, Information and System > 004 Computer Science 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi |
Depositing User: | Muhammad Al Hadath Hadath |
Date Deposited: | 26 Jun 2020 03:07 |
Last Modified: | 26 Jun 2020 03:07 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12324 |